Mukhlis R : Kreasi Untuk Peningkatan Ekonomi Kreatif Kota Pariaman

Walikota Pariaman, Mukhlis R saat menghadiri acara pemilihan Ajo Ci Uniang Kota Pariaman, di Pantai Gondoriah

Walikota Pariaman, Mukhlis R saat menghadiri acara pemilihan Ajo Ci Uniang Kota Pariaman, di Pantai Gondoriah, Rabu (3/9)

Pariaman, PADANGTODAY.com – Walikota Pariaman H Mukhlis R meminta kepada seniman, budayawan dan pelaku ekonomi kreatif Kota Pariaman untuk menunjukan hasil kreasinya dibidang seni dan budayanya masing-masing. Mereka diminta lebih bersemangat lagi dalam menemukan hasil karya seni dan budaya yang mungkin dapat diciptakan dalam memajukan ekonomi kreatif Kota Pariaman yang lebih baik lagi ke depannya.

“Semua itu penting, karena visi dan misi kita adalah mewujudkan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan, budaya dan agama. Atas dasar itulah kita sangat mendukung pelaksanaan lomba cik uniang cik ajo ini yang dilaksanakan setiap tahun ini. Dengan kegiatan ini kita berharap seluruh potensi seni Kota Pariaman tergali untuk kemajuan daerah yang lebih baik lagi,” kata Mukhlis R saat grand final pemilihan duta wisata cik uniang dan cik ajo Kota Pariaman tahun 2014 di Pantai Gandoriah Pariaman, Rabu (3/9).

Acara tersebut dihadiri Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua Dekranasda Kota Pariaman, Ketua GOW Kota Pariaman, Sekda Kota Pariaman Armen dan undangan lainnya. Acara tersebut disaksikan ribuan masyarakat Kota Pariaman maupun luar Kota Pariaman.

“Jadi dengan banyak penonton sekarang ini adalah bukti, kalau masyarakat sangat mendukung pelaksanaan lomba cik uniang dan cik ajo. Duta wisata yang terpilih ini diharapkan mampu mempromosikan pariwisata Kota Pariaman, baik dalam negeri maupun keluar negeri. Dengan promosi yang baik, tentunya pariwisata Kota Pariaman semakin maju kedepannya,” ujarnya.

Katanya, cik uniang dan cik ajo yang terpilih sebagai duta wisata harus mampu mempromosikan potensi-potensi pariwisata yang dimiliki Kota Pariaman. Sehingga semua orang mengetahui bagaimana potensi wisata Kota Pariaman saat ini.

“Artinya, duta wisata yang terpilih nanti kita harapakan sebagai pelopor memajukan kebudayaan Kota Pariaman. Kebudayaan Kota Pariaman harus dikembangkan dan kemas dengan baik agar diminati oleh generasi muda, duta wisatalah yang mempeloporinya,” ujarnya.

Kemudian kata Mukhlis R ke depan, kesan dan citra yang ditangkap para wisatawan selalu positif tentang Kota Pariaman. Sehingga mereka akan selalu beringinan datang kembali ke Kota Pariaman.

“Disinilah peran perserta lomba cik uniang dan cik ajo, karena secara tidak langsung mereka telah berlaku sebagai public relation Kota Pariaman dengan menyampaikan kesan yang baik tentang kota ini dari mulut ke mulut. Kita memahami pesan dari mulut ke mulut ini sangat tinggi peran dalam mempromosikan wisata Kota Pariaman ke depan yang lebih baik lagi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Pariaman Ny, Reni Mukhlis mengatakan melalui kegiatan pemilihan duta wisata cik uniang dan cik ajo Kota Pariaman tahun 2014 ini akan dapat menanamkan kecintaan terhadap seni budaya daerah di kalangan generasi muda, khususnya di Kota Pariaman.

Sehingga pengetahuan dan nilai- nilai budaya yang di miliki Kota Pariaman mampu menjadi benteng terhadap tantangan dan pengaruh perubahan–perubahan yang begitu cepat dan kompleks.

“Kepada para peserta pemilihan cik uniang dan cik ajo Kota Pariaman, perlu kami ingatkan, bahwa sebagai seorang duta pariwisata dan budaya, tentu saja adik adik sangat di harapkan mengetahui banyak hal terkait potensi wisata dan budaya Kota Pariaman. Mulai dari sejarah, kekayaan tradisi dan budaya, sampai dengan tempat- tempat wisata yang telah menjadi objek wisata yang telah menjadi objek wisata menarik di Kota Pariman,” tandasnya.

Dari 20 orang peserta yang masuk dalam grand final dan bedasarkan penilain juri, terpilih sebagai Cik Uniang, Yolanda Amelia dan Cik Ajo Iman Hadi Wijaya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*