Mukhlis R “Tingkatkan Daya saing, SDM dan Industri di Kota Pariaman”

Walikota Pariaman Mukhlis R

Walikota Pariaman
Mukhlis R

Advertisements

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM- Walikota Pariaman Mukhlis Rahman pimpin langsung upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan setiap hari senin di lapangan upacara Balaikota Pariaman yang di ikuti seluruh Kepala SKPD, Kabag, Camat, dan seluruh PNS se- Kota Pariaman, senin (7/12). Pelaksana Upacara Senin kali ini oleh ASN di Dinas Koperindag Kota Pariaman.

Pada amanat Walikota Pariaman Mukhlis R mengatakan kita sebagai aparat penyelenggara pemerintahan yang sadar akan tugas dan tanggung jawab yang di bebankan oleh negara, momentum upacara gabungan ini memiliki arti dan makna sebagai refleksi bagi kita, untuk lebih memahami dan memaknai arti koordinasi.

Tantangan pembangunan ke depan akan semakin kompleks seperti terjadinya perubahan regulasi yang berdampak kepada tatanan kebijakan yangt selama ini telah berjalan. Sebagai contoh misalnya pemerintah Kota pariaman baru saja membentuk lembaga BPSK (badan penyelesaian sengketa Konsumen), namun dengan lahirnya UU nomor 23 tahun 2014, maka terhitung oktober 2016, kewenangan itu sudah harus di serahkan kepada pemerintah provinsi.

“Di samping berbagai tantangan yang kami sebutkan, pada kondisi pembangunan ekonomi, pemerintah Kota Pariaman juga dihadapkan kepada berbagai permasalahan, seperti bidang koperasi, perdagangan, industry dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dalam rangka menghadapi MEA, kebijakan yang perlu dilakukan, menyusun dan menata kembali berbagai program dan kegiatan yang diarahkan agar dapat lebih mendorong dan meningkatkan daya saing sumber daya manusia dan industry di Kota Pariaman, “ujarnya.

Meningkatkan kemampuan dan skill SDM aparatur dan pelaku usaha, melalui pendidikan formal maupun informal, agar sumber daya manusia yang dimiliki dapat bersaing,

Untuk mendorong Industry Kerajinan Menengah (IKM) agar dapat berkembang dan survive, kita harus teus meningkatkan mutu barang, desain produk, peningkatan kompetensi sdm, perluasan pasar, dan peningkatan kelembagaan.

Ekonomi kreatif akan lahir dari ASN yang kreatif, kreatif bukan hanya sekedar bisa membuat kegiatan saja, akan tetapi mampu melahirkan berbagai kegiatan guna mendorong pelaku usaha untuk lebih kreatif dalam menciptaikan Produk, distribusi serta pemasarannya, sehingga tidak lagi tergantung kepada bantuan pemerintah saja.

Kami mengajak kepada seluruh lintas SkPD untuk bersama sama saling mendukung terwujudnya ekonomi kreatif ini di Kota Pariaman, semua ini tidak akan bisa diwujudkan, kalu tanggu8ng jawab tersebut hanya dipikul oleh dinas Koperindag saja, mari memanfaatkan eksistensi diri kita sebagai unsure penyelenggara pemerintah daerah yang bertanggung jawab atas amanah yang di berikan 0leh negara kepada kita semua, tutupnya.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*