Mukhlis Rahman : Camat yang baik, harus peka dan mampu memberikan solusi

wako memasangkan tanda pangkat camat kepada Yunaidi, CamatPariaman Tengah yang baru

Advertisements

Kota Pariaman, Padang-today.com__Camat merupakan jabatan pelayan publik yang harus siap dengan semua keluhan dan perbedaan yang ada dimasyarakat, dan camat yang baik, harus peka dan mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan yang ada di tengah masyarakat yang dipimpinnya.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Pariaman Tengah, sekaligus pelantikan dan serah terima jabatan Ketua TP PKK Kecamatan Pariaman Tengah, yang awalnya akan dilaksanakan di halaman Kantor Camat Pariaman Tengah, karena dikarenakan hujan lebat, acara dipindahkan kedalam Aula, Rabu 24-01-2018.

“Camat adalah pemimpin penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kecamatan yang menerima pelimpahan sebagian wewenang pemerintahan dari Walikota dan tugas pemerintahan lainnya, berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Mukhlis Rahman juga menambahkan bahwa tugas Camat juga mengkordinir semua kegiatan pemberdayaan masyarakat, Ketertiban umum dan ketentraman, penegakan perauran perundang-undangan, membina penyelenggaraan pemerintahan di tingkat Desa dan kelurahan serta tugas lainya yang diberikan oleh walikota sesuai dengan bidang tugasnya.

Kepada Camat yang baru, wako mengintruksikan agar ia dapat menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, mengingat tuntutan serta harapan masyarakat untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan semakin meningkat.

“Jalankan tugas dengan baik, jalin kerjasama dengan unsur Muspika dengan membangun komunikasi yang harmonis, serta galakkan upaya pemberdayaan masyarakat untuk mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat, baik dari aspek sosial mupun aspek ekonomi dalam kerangka grand strategy pembangunan daerah,” tukas Mukhlis Rahman walikota pariaman 2 periode ini.

Kepada Ketua TP PKK Kecamatan Pariaman Tengah yang baru dilantik, wako mengatakan agar dapat menjalankan 10 program pokok PKK dengan baik.

“Didalam 10 program pokok PKK, telah tercangkup seluruh sektor pembangunan, jika dilaksanakan dengan baik, insyaallah akan berdampak pada peningkatan kesehatan, kesejahteraan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di kecamatan yang dipimpinnya,” tutupnya.

Mukhlis Rahman juga mengingatkan karena Kota Pariaman akan melaksanakan Pilkada serentak yang dilaksanakan 27 Juni 2018 mendatang, agar para ASN dan masyarakat dapat mensukseskan gelaran demokrasi 5 tahunan ini dengan beramai-ramai datang ke TPS

“Legitimasi kepemimpinan suatu Kepala Daerah dalam sebuah Pilkada adalah apabila tingkat partisipasi masyarakatnya tinggi,” ungkapnya

Dimana untuk kota pariaman saat ini masih berada di 70% pemilih, untuk itu mari kita ajak keluarga dan handai tolan kita, agar ikut mencoblos di hari pemilihan nanti, sehingga tingkat partisipasi pemilih tinggi, dan akan semakin menguatkan legitimasi pemenang nantinya, tutupnya mengakhiri sambutannya.

Camat Pariaman Tengah yang baru Yunaidi (mantan Kabid pendapatan BKD kota pariaman) menggantikan Camat Pariaman Tengah yang lama Afwandi yang kini menjadi Kabag Pemerintahan Setdako Pariaman.

Acara juga diisi dengan pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Pariaman Tengah yang baru Ny. Alif Yunaidi, oleh Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis.

Selanjutnya juga dilakukan penyerahan Sepeda Motor baru kepada 16 Lurah yang ada di Kecamatan Pariaman Tengah, sebanyak 16 unit, oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, kepada perwakilan Lurah yang menerima.

Hadir dalam acara Sertijab dan Pelantikan Camat Pariaman Tengah ini Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Muspika Pariaman Tengah, Asisten, staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Camat dan ASN serta pegawai yang hadir. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*