Mukhlis Rahman, Keberadaan IPAL di Kota Pariaman agar masyarakat semakin sehat

Advertisements

Kota Pariaman, Padang-today.com__Walikota Pariaman Mukhlis Rahman meresmikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal dengan sistem perpipaan sanitasi berbasis masyarakat Islamic Development Bank (Sanimas IDB) Kota Pariaman Tahun 2017 yang dipusatkan di Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, Jumat, 19-01-2018.

Katanya bahwa manfaat keberadaan IPAL Komunal ini agar masyarakat menjadi semakin sehat, melalui pengolahan air limbah domestik maupun air limbah industri sehingga nantinya bisa digunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing, pada akhirnya yang diharapkan air sungai di Kota Pariaman tidak akan tercemar, biota dan ekosistem sungai dan perairan tidak akan mati atau rusak, akibat pencemaran bahan kimia.

“Program ini harus ada kelanjutannya, harus sampai tuntas, harus ada alat pengolahan limbah dari IPAL ini, supaya limbah ini bisa dijadikan pupuk. Apalagi Kota Pariaman dengan visi menjadikan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata, kita akan banyak membangun taman-taman, dan pengolahan limbah ini yang akan kita jadikan pupuk,” kata dia.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Pariaman Rismen mengatakan, bahwa program Sanimas IDB ini merupakan salah satu komponen program PNPM Mandiri perkotaan yang bertujuan untuk menciptkan dan meningkatan kualitas kehidupan masyarakat baik secara individu maupun kelompok agar berpatisipasi memecahkan berbagai permasalahan yang terkait pada upaya peningkatan kualitas kehidupan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Ia menambahkan, bahwa pada tahun 2014 terdapat  tiga lokasi IPAL, tahun 2015 ada sembilan lokasi IPAL dan tahun 2016 ada tiga lokasi IPAL sedangkan pada tahun 2017 ada sembilan lokasi IPAL. Direncanakan untuk tahun 2018 akan dibangun sembilan lokasi IPAL lagi dimana masing-masingnya mendapat bantuan sebesar Rp 425.000.000.

Sementara itu Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat Bersatu (BKM Bersatu), Masrutin melaporkan bahwa di Kelurahan Kampung Pondok tersebut IPAL terbangun seluas 27,83 m2 senilai Rp 425.000.000, sedangkan penerimaan manfaat sebanyak 259 jiwa dengan 51 Sambungan Rumah (SR).

Kegiatan peresmian ini dihadiri oleh beberapa Kepala OPD, Camat Pariaman Tengah, Lurah Kampung Pondok beserta Pengurus LPM dan pemuka masyarakat Kelurahan Kampung Pondok kemudian ditutup dengan penandatanganan sembilan prasasti IPAL – Komunal Sanimas IDB yang ada di Kota Pariaman. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*