Mukhlis Rahman : Kesehatan Lebih Utama dari Materi

Wako Pariaman memberikan hadiah kepada pemenang lomba.

Wako Pariaman memberikan hadiah kepada pemenang lomba.

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Meningkatkan kesadaran para lanjut usia (lansia) untuk membina dan memperhatikan kesehatannya baik dari pola makan dan olahraga bagi dirinya sendiri, maka diperlukan peran serta pemerintah dan stakeholder yang terkait.

“Banyak cara yang harus kita lakukan untuk membantu lansia untuk meningkatkan kemampuan, di antaranya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam menghayati dan mengatasi kesehatan lanjut usia,” ujar Walikota Pariaman Mukhlis Rahman pada acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Pariaman tahun 2015 di Pantai Gandoriah Pariaman, Sumbar Sabtu (6/6/2015).

Walikota juga menyampaikan, tema yang diangkat saat ini sangat cocok dengan kondisi yang terjadi saat ini yaitu “ Lanjut Usia, mandiri dan bahagia di hari tua.

“Dengan semakin tingginya kemandirian para Lansia dalam kesehariannya, maka kebahagiaan akan dapat terwujud. Jangan hanya menangisi atau “ Baibo hati “ terhadap apa yang terjadi atau perilaku yang tidak diharapkan dari anak cucu kita,” ucapnya.

Menurutnya, kesehatan itu lebih utama dari materi, apabila orang hanya berpedoman pada materi maka hidupnya tidak akan bahagia karena hanya akan selalu merasa kekurangan, tetapi kalau kita bisa berbahagia dan bergembira dengan apa yang kita miliki serta menjalani pola hidup sehat, maka ketika kita sudah lansia kita akan dapat menjadi mandiri dan berbahagia di hari tua nanti.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Yutriadi Rivai mengatakan, diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lanjut usia untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya. Dinkes juga mengadakan kunjungan lansia terlantar yang ada serta mengadakan lomba kreativitas lansia antar puskesmas yang dilaksanakan pada tanggal 25 mei kemaren, serta puncaknya pada peringatan HLUN tingkat Kota Pariaman di Pantai Gandoriah ini.

Diakhir acara Walikota Menyerahkan hadiah tropy, Piagam serta bingkisan kepada puskesmas yang berprestasi pada lomba kreativitas lansia. Untuk juara pertama diraih oleh Puskesmas Sikapak, kedua oleh Puskesmas Kuraitaji, dan ketiga diraih Puskesmas Marunggi. Sedangkan untuk pemenang harapan masing-masing diperoleh oleh Puskesmas Padusunan, Puskesmas Pauh Pariaman, Puskesmas Santok serta Puskesmas Naras. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*