Mukhlis Rahman : Renungkan Perjuangan Pendidikan

Wako Pariaman Mukhlis Rahman saat irup upacara Hari Pendidikan

Advertisements

Padang-today.com___Pemerintah Kota Pariaman menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018 di halaman Kantor Balaikota Pariaman, Rabu (2/5).

Upacara di pimpin langsung oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman sebagai Inspektur Upacara dengan peserta upacara dari ASN Pemko Pariaman, siswa-siswi pelajar SD, SMP dan SMA se-Kota Pariaman yang di komandani oleh Kepala Sekolah SDN Cubadak Air Buyung.

Hadir Juga dalam upacara tersebut, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Ketua Pengadilan Negeri Kelas IB Pariaman Yoserizal, Ketua Pengadilan Agama Pariaman Helmi Yunettri, Kapolsek Pariaman Kompol Hamidi, Ketua TP-PKK Kota Pariaman dan jajaran serta Kepala OPD Pemko Pariaman.

Dalam sambutan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy yang dibacakan Wako Mukhlis Rahman, berbunyi bahwa Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

” Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan,” sambung Mukhlis.

Ia menambahkan dalam pidato tersebut, pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia.

Untuk itu, harap Mukhlis kita harus satukan tekad untuk “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan” dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan.

Dipenghujung pidatonya, Wako Pariaman tersebut ucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional, Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia.

Usai upacara, dilakukan penyerahan hadiah berupa tropi dan tabanas bagi para siswa dan guru yang telah mengikuti berbagai lomba jelang peringatan Hardiknas 2018 ini.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*