Mukhlis Rahman Tinjau Pembangunan Kantor Baznas Kota Pariaman

Advertisements

Padang-today.com__Walikota Pariaman Mukhlis Rahman tinjau pembangunan kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman, yang terletak di jalan Bagindo Aziz Chan, Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Kamis siang (4/10).

Mukhlis Rahman yang datang bersama istri dan Owner Safari inn Hotel & Cottage, James Nazmi, didampingi langsung oleh 3 Wakil Ketua Baznas Kota Pariaman, antara lain H. Khaidir, H. Asman Yahya dan H. Jomohor.

Mukhlis Rahman berharap kantor Baznas Kota Pariaman yang baru ini, nantinya dapat berfungsi dengan baik, bukan hanya untuk sekedar kantor saja, tetapi juga dapat meningkatkan pelayanan dan dapat meningkatkan jumlah zakat yang dikelola oleh Baznas Kota Pariaman.

“Baznas Kota Pariaman harus mulai memikirkan bagaimana menggaet pengusaha dan sektor swasta, untuk bisa mengeluarkan zakatnya di Baznas Kota Pariaman, sehingga dana yang ada dan dikelola, bukan hanya dana yang diambil zakatnya dari ASN Kota Pariaman saja”, tutur Mukhlis Rahman.

Ia juga menghimbau agar kantor Baznas Kota Pariaman, dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, dan kalau bisa ruang pertemuan yang dibangun, dapat disewakan sehingga menjadi pemasukan tambahan bagi Baznas Kota Pariaman.

“Kita berharap, dengan adanya kantor Baznas Kota Pariaman ini nantinya, pelayanan dan pengelolaan uang zakat yang terkumpul dapat kita maksimalkan demi membantu masyarakat kurang mampu, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman pada umumnya”, tutup walikota pariaman 2 periode ini.

Bangunan kantor Baznas Kota Pariaman ini, berdiri ditanah seluas 340 m2, dengan mengeluarkan biaya pada tahap awal di tahun 2017, sebesar 750 juta, untuk pembangunan kantor  lantai 1, dan ditahun selanjutnya untuk lantai 2, sebesar 850 juta lagi, sehingga total biaya untuk pembangunan kantor Baznas Kota Pariaman berjumlah 1.6 Milyar, tutur Khaidir.

“Dana yang digunakan untuk tahap I ini berasal dari dana hak Amil Zakat yang diterima sejak tahun 2009 sampai tahun 2017 yang berjumlah sebanyak 750 juta, yang mana hak amil zakat adalah 12,5% dana zakat yang dikelola,” ucapnya.

Ia dan pengurus berharap, untuk tahap II bangunan lantai II yang direncanakan, disebabkan karena mereka tidak mempunyai dana lagi, dapat dianggarkan di APBD Kota Pariaman

Pada tahun 2018 ini, kita sudah menerima penyaluran zakat dari pihak pengusaha dan swasta, dan insyaallah, kita akan terus tingkatkan untuk jumlah nominal dan peserta zakat dari kalangan pengusaha dan swasta, dapat kita genjot, dan kami mengajak Bapak James Nasmi selaku pengusaha sukses, baik di ranah maupun dirantau, dapat mengajak rekan-rekannya untuk menyalurkan zakatnya ke Baznas Kota Pariaman”, tukasnya.

Pembangunan kantor Baznas Kota Pariaman, telah mencapai 80% dengan menghabiskan anggaran sebesar 600 juta, dan akan berakhir bulan November mendatang. Diharapkan pada akhir deadline, bangunan Lantai 1 kantor Baznas Kota Pariaman ini, dapat selesai tepat waktu, sehingga dapat digunakan, ujar mantan Asisten I Setdako Pariaman ini mengakhiri. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*