Musik Miliki Manfaat Tingkatkan Fungsi Otak

Manfaat-musikPADANGTODAY.com – Dalam sebuah film yang diangkat dari kisah nyata berjudul ‘The Music Never Stopped’ diketahui bahwa musik bisa mengembalikan ingatan seorang pasien yang mengalami tumor otak. Musik yang familiar dengan pasien tersebut membantu otaknya kembali berfungsi dengan baik. Kasus dalam film ini memang tak selalu terjadi. Efek musik bisa jadi tak sebesar itu pada masing-masing orang. Namun bukan berarti musik tak bisa membawa manfaat kesehatan.

Musik tak hanya jadi sebuah bentuk hiburan, namun juga bisa Anda manfaatkan untuk kesehatan. Karena musik tak hanya mempengaruhi mental, tetapi juga fisik. Musik berkaitan dengan tingkat oksitosin, hormon yang memicu rasa tenang dan senang. Musik juga meningkatkan kadar serotonin yang meningkatkan mood dan kemampuan belajar Anda.

Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat musik untuk kesehatan. Ini beberapa di antaranya.

1. Meredakan rasa sakit kronis
Mendengarkan musik bisa menyebabkan hormon endorfin yang mengurangi rasa sakit. Musik akan mengalihkan perhatian pasien, memperlambat prose bernapas dan detak jantung. Selain itu, musik juga meredakan rasa sakit dan migrain.

2. Mempercepat proses penyembuhan
Musik bisa membantu mempercepat proses penyembuhan setelah stroke atau operasi jantung. Musik akan menurunkan tekanan darah pada pasien jantung setelah operasi sehingga membantu meredakan rasa cemas dan sakit setelah operasi. Musik juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memicu produksi hormon yang bisa meningkatkan sistem imun. Mendengarkan musik akan menurunkan tingkat hormon kortisol yang menurunkan efektivitas sistem kekebalan tubuh.

3. Meredakan cemas
Selain menurunkan tekanan darah dan stres, musik juga bisa meredakan rasa cemas. Bagi Anda yang sering mengalami insomnia, musik bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

4. Meningkatkan fungsi otak
Musik akan merangsang otak anak dan meningkatkan konsentrasi, kemampuan motorik, emosi, kemampuan mengingat, kemampuan berbahasa, dan matematika.

5. Merawat otak yang menua
Orang yang sering mendengarkan musik dan melakukan terapi musik saat muda berkemungkinan memiliki otak yang tetap tajam dan fokus ketika menua. Musik juga membantu orang untuk lebih mudah mengingat di masa tua.

Itulah beberapa manfaat hebat yang bisa didapatkan dengan mendengarkan musik. Mendengarkan jenis musik yang disukai juga bisa berdampak positif pada mood dan kondisi kesehatan mental Anda.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*