Musliar Kasim Buka Lomojari SMP Terbuka Dan LCT Program Paket B

lomojari_0Jakarta, PADANGTODAY.com – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang pendidikan (Wamendik) Musliar Kasim hari ini resmi buka Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka dan Lomba Cerdas Terampil Program Paket B tahun 2014 pada hari Senin (25/08/2014), di Plasa Insan Berprestasi, Gedung Ki Hadjar Dewantara, Kemdikbud. Pembukaan Lomojari SMP Terbuka dan LCT Program Paket B dihadiri 150 peserta didik dan 100 pendamping.

“Hari ini kita membuktikan semangat dan motivasi hasil belajar. Anak-anak yang mengikuti Lomojari dan LCT harus bangga, karena kalian tidak kalah dengan anak-anak yang serba berkecukupan,” ungkap Musliar dalam sambutannya.

Musliar mengatakan, adanya acara Lomojari dan LCT menunjukan bahwa pendidikan formal bukan satu-satunya lembaga pendidikan yang bisa membuat orang menjadi cerdas dan terampil. “Inilah semangat yang harus selalu kita gelorakan, agar semua anak Indonesia menjadi orang hebat dan berpartisipasi di dalam membangun negara dan bangsa, serta dirinya sendiri,” ujar Musliar.

Pada kesempatan ini, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Hamid Muhammad, menambahkan bahwa Lomojari bidang keterampilan sudah 12 kali dilaksanakan. Pelaksanaan Lomojari dimaksudkan sebagai upaya untuk memberikan program Afirmasi kepada peserta didik non formal, agar para peserta didik tersebut mendapatkan perlakuan yang sama dengan para peserta didik yang berasal dari pendidikan regular. Selain itu juga, memberikan motivasi kepada peserta untuk menampilkan yang terbaik di bidang pra vokasional.

“Lomba Cerdas Terampil Program Paket B baru pertama kali dilaksanakan. LCT dimaksudkan untuk mendorong peserta didik untuk berkompetisi dibidang akademik, dan mengukur daya serap belajar para peserta didik,” pungkas Hamid

Lomojari tahun 2014 menampilkan bidang kerajinan, kriya kayu dan anyaman, kriya tekstil berbagai ragam batik, tenun tradisional, tata boga, dan tata busana. Para peserta terdiri dari 42 SMP Terbuka dalam negeri, dan satu pusat kegiatan belajar (Learning Center) dari Kota Kinabalu, Sabah Malaysia. Sekolah Dasar (SD), dan SMP Satu Atap (Satap), serta dua sekolah pendidikan alternatif pun turut dalam pelaksanaan Lomojari. (mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*