Muslim Jerman Waspada Terhadap Perekrutan ISIS

muslimah-di-jermanJerman, PADANGTODAY.com – Lebih dari 2.000 masjid di Jerman mengajak semua umat beragama mengikuti salat Jumat untuk memperlihatkan persatuan dalam menentang kelompok militan Negara ISlam Irak dan Suriah (ISIS). Mereka juga bermaksud mencegah para pemuda muslim pergi ke Suriah atau Irak untuk bergabung dengan kelompok itu.

Advertisements

Empat kelompok muslim utama di Jerman mengumumkan rencana mereka itu kemarin untuk merespon kabar adanya muslim Jerman bergabung dengan ISIS dan kembali ke negeri itu membawa paham radikal dan mengancam keamanan negara.

“Kami ingin menegaskan teroris dan kriminal berbuat jahat bukan atas nama Islam. Mereka menyimpang dari ajaran agama dan tak punya tempat dalam golongan kami,” kata Ketua Dewan Pusat Muslim Aiman Mayzek saat jumpa pers di Ibu Kota Berlin.

Mereka juga tengah merencanakan unjuk rasa damai di seantero Jerman Jumat mendatang. Menteri Dalam negeri de Maiziere dan Wali Kota Berlin Klaus Wowereit juga diharapkan hadir dalam unjuk rasa itu.

Pihak berwenang memperkirakan ada 400 warga Jerman bergabung dengan ISIS di Irak dan Suriah. Pekan lalu De Maiziere mengumumkan pelarangan kelompok ISIS di Jerman. Dia juga menyerukan empat juta warga muslim Jerman waspada terhadap perekrutan kelompok ISIS di Internet.

Seorang pemuda berusia 20 tahun Senin lalu disidang lantaran bergabung dengan ISIS di Suriah. Itu merupakan kasus pertama di Jerman.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*