Musrenbang Bukan Sekedar Memenuhi Wirid

Walikota Riza Falepi ketika memberi sambutan pada acara Musrenbang Kecamatan Payakumbuh Timur, di SKB Payakumbuh, Selasa

Walikota Riza Falepi ketika memberi sambutan pada acara Musrenbang Kecamatan Payakumbuh Timur, di SKB Payakumbuh, Selasa

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Lurah dan ketua LPM se-Kecamatan Payakumbuh Timur,  minta pemko benar-benar memprioritaskan pembangunan yang sudah direncanakan pihak kelurahan dalam Musrenbang. Semuanya tak ingin, jika Musrenbang yang digelar, hanya sekedar memenuhi wirid saja. Kegiatan yang sudah menjadi skala prioritas, jangan sampai hilang dalam perencanaan di tingkat kota.

Nada kecemasan tersebut terdengar dalam kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Payakumbuh Timur, yang berlangsung di SKB Payakumbuh, di Kelurahan Padang Alai, Selasa (9/2).  Pengurus LPM dan tokoh masyarakat mencemaskan, jika keinginan mereka lenyap begitu saja.

Walikota Payakumbuh H. Riza Walepi ketika membuka Musrenbang Payakumbuh Timur, meminta pihak Bappeda untuk menyikapi keinginan masyarakat kelurahan dan kecamatan itu. Kegiatan pembangunan yang dilakukan pemko, harus menyentuh kepentingan rakyat.

“Jadi wajar saja masyarakat  cemas, jika keinginan mereka tidak terakomendir dalam pelaksanaan pembangunan ke depan,” ingat walikota.

Di bagian lain, Walikota Riza Falepi berharap, agar peran serta masyarakat dalam pembangunan lebih ditingkatklan. Terutama dalam pengadaan tanah buat lokasi pembangunan fisik. Menurut walikota, karena belum mendapatkan tanah, keinginan pemko membangun islamic centre dan stadion olahraga, hingga sekarang jadi tertunda.

Sementara Ketua Bappeda Payakumbuh H. Rida Ananda, mengatakan, perencanaan pembangunan yang dilakukan Bappeda bersama SKPD lainnya di Payakumbuh, dilakukan secara berjenjang melalui musrenbang kelurahan, kecamatan dan tingkat kota. Dalam menyusun rencana kegiatan itu, semuanya melibatkan seluruh elemen, termasuk anggota DPRD dari ketiga daerah pemilihan di Payakumbuh. “Kecil kemungkinan, aspirasi warga yang menjadi skala prioritas akan lenyap begitu saja. Karena banyak yang mengawal,” sebutnya.

Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinaldi,  melaporkan, di antara kegiatan pembangunan yang menjadi skala prioritas di kelurahan, pembangunan jalan, sistem drainase, MCK, trotoar, kantor kelurahan, jalan tani, pelatihan pemberdayaan masyarakat dan bantuan prasarana peribadatan dan pembinaan generasi muda.

Musrenbang Payakumbuh Timur itu, juga diikuti sejumlah pimpinan SKPD terkait, Sekretaris Bappeda Ismed Ibrahim, Kabid Fisik Onwilson dan tokoh masyarakat di Payakumbuh Timur.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*