Musrenbang Dihelat Serempak 4 Kelurahan di Payakumbuh

Musrenbang Dihelat Serempak 4 Kelurahan di Payakumbuh

Musrenbang Dihelat Serempak 4 Kelurahan di Payakumbuh

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Kota Payakumbuh kembali digelar. Senin, (22/1/2018) tercatat ada 4 (empat) kelurahan yang mengelar pelaksanaan Musrenbang, yaitu Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur, Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Kelurahan Pakan Sinayan dan Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat.

Di Kelurahan Tiakar, Musrenbang dibuka secara resmi oleh Camat Payakumbuh Timur, L. Kefrinasdi, S.Sos didampingi Lurah Tiakar, Bobby Andika, S.STP dan Ketua LPM Amrizal. Musrenbang dilaksanakan di Masjid Muhsinin dihadiri oleh perwakilan dan tokoh masyarakat sebanyak 60 orang.

Adapun usulan pembangunan prioritas yang dirumuskan oleh peserta musrenbang kelurahan Tiakar antara lain, Pembangunan jembatan dan drainase Jl. Dr. Sutomo yang menghubungkan Kelurahan Tiakar dengan Taruko, kemudian penutupan drainase sebagai trotoar sepanjang Jl. Rasuna Said, Pembangunan Drainase Jl. Tobek Aka arah ke SMPN 5 Payakumbuh dan Bantuan bibit tanaman produktif.

“Kelurahan Tiakar menempatkan pembangunan Jembatan Jl. Dr.Sutomo sebagai prioritas dengan pertimbangan sebagai jalur alternatif dan penghubung daerah payakumbuh timur dengan payakumbuh utara, karena selama ini kalau ada iven dan penutupan jalan di GOR M. Yamin Kubu Gadang, maka masyarakat terpaksa berputar jauh kalau ingin ke daerah Payakumbub Utara,” ujar Camat Payakumbuh Timur L.Kefrinasdi dan diamini oleh Lurah Tiakar, Bobby.

Sementara itu, pelaksanaan Musrenbang di Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Lamposi Tigo Nagori juga langsung dibuka Camat David Bachri, S.STP, M.Si. Turut hadir anggota Komisi C DPRD Kota Payakumbuh, Mawi Etek Arianto, Lurah Hardani, Ketua LPM Muzammil, Fasilitator Africon dan perwakilan tokoh masyarakat Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Latina.

“Alahamdulillah musrenbang kelurahan kita kali ini seluruh unsur hadir mulai dari anggota DPRD Dapil Latina, Dinas Instansi tingkat kecamatan, KAN, Bundo Kanduang, Datuak kaompek suku, niniak mamak, LPM, PKK, Karang Taruna, RT/RW dan narasumber kita dari Dinas PU dan Bappeda”, ujar Camat David pada pembukaan acara.

Dikatakan, selain usulan fisik pihaknya mengajak masyarakat peserta Musrenbang juga fokus pada pembangunan non fisik yakni bidang sosial budaya dan ekonomi produktif.

“Semua usulan harus berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan”, tegas Alumnus STPDN ini.

Selain dua kelurahan diatas, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Kelurahan Kubu Gadang dan Kelurahan Pakan Sinayan Kecamatan Payakumbuh Barat pada jam berbeda. Kegiatan juga langsung dihadiri Camat Payakumbuh Barat. Saat berita ini dibuat, Musrenbang sedang berlangsung.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*