Nagari Kubang Wajib Kuliah, Perantau Segera Serahkan Beasiswa dan Ambulance

Kantor Wali Nagari Kubang

Kantor Wali Nagari Kubang

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Walinagari Kubang Muslim mengakui saat ini di nagarinya tidak ada anak yang tidak bersekolah atau putus sekolah karena tidak ada biaya. Bahkan Pemerintah Nagari bersama dengan Ikatan Keluarga Kenagarian Kubang (IKKK) di seluruh Indonesia merancang anak nagari Kubang wajib kuliah dan wajib sarjana.

“Terwujudnya semua program baik bidang pendidikan, pembangunan fisik, dan sosial berkat kontribusi Perantau Nagari Kubang dimana saja berada. Sehingga setiap tahun ada biaya siswa yang diberikan IKKK, kemudian juga membangun Posronda, bantuan untuk lansia, sunat masal, dan sebagainya,” jelas Walinagari Kubang Muslim, Senin (13/7) kemarin.

Disampaikannya, untuk lebaran 1436 H-2015 M ini perantau Kubang dijabodetabek, Riau, Medan dan propinsi lainnya di Indonesia bakal pulang bersama. Bahkan IKKK Jabodetabek tidak hanya dengan ratusan mobil pribadi tetapi juga dengan mobil Pariwisata yang akan dikawal ketat oleh Patroli Polisi.

“Kita sudah persiapkan penyambutan kedatangan perantau kita di Gor Kubu Gadang. Dari situ nantinya kita akan sambut dengan tari tradisional nagari. Agenda pulang basamo IKKK se Indonesia ini ter akbar sepanjang sejarah, dan memang agenda pulang basamo ini sekali dua tahun,” jelas Muslim.

Selama ini disebutkan Muslim, sangat besar kontribusi IKKK se-Indonesia, bahkan pada pulang basamo tahun ini IKKK akan menyerahkan 1 (Satu) unit mobil ambulance untuk Nagari Kubang. Bahkan pembangunan nagari Kubang hampir 60-70 persen merupakan kontribusi IKKK.

“Kita berterimakasih sekali, karena perhatian IKKK terhadap kampung halaman sangat luar biasa. Bahkan kami ada membentuk Posdaya, dimana tugasnya menjembatani antara kampung dan rantau, termasuk untuk menampung aspirasi, keluhan dan pengaduan masyarakat di kampung baik dari segi pendidikan, sosial dan kepemudaan. Nantinya berdasarkan aspirasi itu pengurus Posdaya menyampaikan kepada IKKK,” teranya menyebut Motto Nagari Kubang “Kubang Tujuah Nan Tungga”.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*