Naik Kelas, Iwan Samurai Masih Mampu Raih Emas

89IMG_20160918_220706Jabar, PADANG-TODAY.com-“Pacah talua” akhirnya mampu ditembus oleh para pejuang Kontingen Pekan Olahraga Nasional asal Sumatera Barat (PON Sumbar) melalui cabang olahraga Binaraga. Adalah Iwan Samurai, menjadi pahlawan Kontingen Sumbar di tanah Legenda Jawa Barat tersebut.

Iwan turun di kelas 75 kg dalam pertandingan yang digelar di Gedong Budaya Sabilulungan Kabupaten Bandung, Minggu (18/9) itu merebut medali emas. Adapun untuk torehan medali perak disabet oleh Medi asal Jateng dan perunggu oleh Haji Syafrizal asal Jatim.

Medali emas persembahan dari Iwan Samurai tersebut termasuk kejutan. Sebabnya, Iwan yang pada PON XVIII Riau lalu turun di kelas 70 Kg saat itu pula berhasil meraih medali emas. Artinya, binaragawan yang sempat menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Jepang itu naik kelas 5 Kg.

“Saya sengaja naik kelas untuk mencari tantangan. Dengan naik kelas, motivasi saya untuk tampil lebih baik,” kata Iwan sesaat sebelum partai final.

Keberhasilan binaragawan yang bernama asli Musri Iwan itu memang sudah diprediksi sebelumnya. Iwan tampil beda dengan lima finalis lainnya. Untuk musik pengiring penampilannya, Iwan memakai musik Minang yang dikombinasikan dengan musik rap. Saat perpindahan intro dari musik Minang ke rap diselipi dengan kata-kata yang berbunyi “Iwan Samurai”.

Hebatnya, di kelas ini Iwan mematahkan rekor binaragawan Jawa Timur, Haji Syafrizal yang sudah meraih medali emas PON enam kali berturut-turut.

“Salah satu tujuan saya naik kelas memang untuk mematahkan rekor binaragawan Jatim tersebut. Alhamdulillah, target tersebut diijabah Allah,” sebut Iwan.

Sementara itu, agaknya Syafrizal belum siap menerima kekelahan. Setidaknya terlihat saat Iwan memegang tangannya sebagai penghormatan pemenang, binaragawan Jatim itu menolaknya.

Bonus Spontan

Keberhasilan Iwan tersebut disambut suka-cita oleh segenap anggota kontingen yang memberikan dukungan langsung ke arena lomba.

“Alhamdulillah, saya bangga dengan Iwan. Iwan membuktikan bahwa dia salah seorang binaragawan terbaik Indonesia saat ini,” kata Plt Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful usai penggalungan medali.

Pengalungan medali sendiri, dilakukan Ketua Kontingen Sumbar, Sengaja Budi Syukur.

“Terima kasih Iwan. Anda telah mempersembahkan yang terbaik bagi ranah Minang,” kata Budi.

Pada kesempatan itu, Syaiful memberikan bonus Spontan kepada Iwan senilai 10 juta rupiah.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*