Nama Erizal Azhar Mulai Mengapung dalam Balon Wakil Walikota Payakumbuh

Elizar Azhar bersama mantan pelatih Timnas Nilmaizar.

Elizar Azhar bersama mantan pelatih Timnas Nilmaizar.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Balon Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh periode 2017-2022 semakin hari kian bertambah. Mucul lagi nama baru yakni Erizal Azhar (56) di tengah-tengah kancah bursa tersebut. Elizar sendiri tidak asing lagi bagi warga kota Payakumbuh.

Ketua umum Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia (PP-FHI) itu terang-terangan diminta banyak pihak untuk maju sebagai balon Wakil Walikota Payakumbuh. Diperkirakan warga Payakumbuh memiliki ketertarikan, karena Erizal Azhar punya jaringan kuat di pusat untuk melobi partai politik.

Hal tersebut dikatakan Eriadi Basyar (60) di Payakumbuh, Selasa (7-6). Dimintanya Wakil Ketua KONI Provinsi DKI Jakarta itu oleh banyak kalangan di kota Payakumbuh, karena dia merupakan pribadi amanah. Belasan organisasi dijabatnya, baik di tanah kelahirannya sendiri maupun di pusat tergolong sukses.

“Selama ini kita lihat, Erizal Azhar yang dipercaya oleh warga se-Indonesia memegang jabatan, sangat kokoh dan sulit ditumbangkan oleh lawan-lawan politiknya. Berangkat dari semua keberhasilan dia itu, maka tak salah rasanya warga kota Payakumbuh meminta dia untuk menjadi pemimpin di Payakumbuh,” ungkap Eriadi.

Ditambahkan Eriadi Basyar, Erizal Azhar sudah lama diminta warga kota Payakumbuh untuk menjadi Walikota atau Wakil Walikota. Pada tahu 2002 lalu, dia pernah dicalonkan parpol berpasangan dengan Benny Muchtar, hanya bergesar beberapa hari dicalonkan pula oleh parpol berpasangan dengan N Ben Yusa, mantan Sekdakab 50 Kota.

“Yang namanya politik, akhirnya sewaktu itu tidak jodoh,” ujar Eriadi berseloroh.

Keberhasilan-keberhasilan Erizal Azhar itu tidak saja di luar daerah, akan tetapi juga di Payakumbuh. Sebelumnya dia dipercaya sebagai Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh (STTP), Ketua Umum Kabua Saiyo (Alumni SMAN 1/SMPP 25 angkatan 1976-1983, Ketua Alumni STIE Indonesia Jakarta, Sekretaris Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia DKI Jakarta.

“Kita menilai ketokohan Erizal Azhar tidak hanya di Sumatera Barat, akan tetapi di Indonesia. Bukti-bukti keberhasilannya, utamanya di bidang Olahraga dan Pendidikan. Sebut saja di dunia persepakbolaan nasional, dia berhasil menjadikan Nilmaizal pemain nasional dan menjadi pelatih nasional,” ujar Eriadi Basyar.

Menurutnya, sosok Erizal Azhar sangat pantas menjadi pemimpin di Payakumbuh. Erizal, diungkapkannya, sangat peduli terhadap warga kota Payakumbuh, meskipun besarnya di Jakarta, nyaris setiap bulan pulang ke Payakumbuh, sekitar 7-8 kali dalam setahun.

Eriadi Basyar menambahkan, pada tahun 2001 lalu, ketika Elizar menjadi Sekretaris Persija merangkap Asisten Manager, klub yang dipimpinnya itu meraih juara I. Setelah itu, klub-klub ternama Indonesia, diboyong ke Payakumbuh.

“Betapa serunya dan gembiranya warga Luak Limopuluah dan warga se-Sumatera Barat ketika menonton dan melihat pemain-pemain ternama di Payakumbuh. Nah, atas kesuksesannya itulah kita minta agar Erizal Azhar bersedia pulang ke kampung halaman dengan maksud untuk menjadi Wakil Walikota Payakumbuh. Kami juga berharap kepada parpol untuk melirik figur Erizal Azhar,” harap Eriadi Basyar.

Secara terpisah, Erizal Azhar mengucapkan terima kasih kepada sanak saudara di Payakumbuh maupun diperantauan.

“Sebetulnya, saya bukan mengecewakan aspirasi masyarakat, akan tetapi, saat ini saya sangat sibuk dengan tugas dan amanah yang diberikan di Jakarta, apalagi saat ini kita akan memboyong 1.500 pemain bola ke Bali,” ungkapnya memberi pengertian.

Namun demikian, Elizar tidak membantah kesediaannya untuk maju.

“Insya Allah saya siap menjadi balon Wakil Walikota Payakumbuh, tunggu informasi selanjutnya. Jujur saya katakan persoalan parpol di DPP, seluruhnya kita kenal baik,” jelasnya dengan senyum.(rel/Dodi Syah Putra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*