Nama Sumbar Berkibar dalam HPS 2015, Jus Padiah Antarkan Payakumbuh Juara Nasional

Rombongan ibu-ibu PKK Balai nan Tuo yang  mengikuti lomba memasak B2SA tingkat nasional di Palembang, foto bersama dengan Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi dan Sekdako Benni Warlis.

Rombongan ibu-ibu PKK Balai nan Tuo yang mengikuti lomba memasak B2SA tingkat nasional di Palembang, foto bersama dengan Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi dan Sekdako Benni Warlis.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Datang, berlomba dan menang. Baru pertama kali ikut lomba di tingkat nasional, ibu-ibu PKK Balai nan Tuo Kelurahan Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, langsung menjuarai Lomba Makanan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, Sehat dan Aman) yang berlangsung dalam rangkaian Hari Pangan Sedunia (HPS) 2015, di Palembang, Sabtu (17/10).

Kader PKK Balai nan Tuo itu, tidak hanya menerima trofi dan piagam penghargaan, tapi langsung membuat nama Sumatera Barat berkibar di arena pameran HPS 2015.  Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Hj. Riza Falepi yang memimpin rombongan,   menerima trofi tersebut dari TP-PKK Pusat dan selanjutnya  menyerahkannya ke ibu-ibu PKK Balai nan Tuo.

“Kita bangga dan sangat senang, ternyata menu yang dibuat  ibu-ibu PKK Balai nan Tuo  terlezat di bumi nusantara ini. Jus padiah (campuran pepaya dan dadiah (susu sapi yang dipermentasi), jadi rebutan pengunjung pameran dari puluhan menu yang dibuat,” sebut Ketua TP-PKK Ny. Henny ketika dihubungi sekembali dari Palembang, Minggu (18/10).

Ibu-ibu PKK berjumlah 10 personil yang juga didampingi pengurus TP-PKK Payakumbdiuh dari Ny. Eni Ruska dan Kusrida Efi itu, nemapilkan tiga menu  buat sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Untuk sarapan pagi, menampilkan jenis menu  berupa katupek sayur, ubi jalar kukus bersahaja, jus pisang ambon dan jus padiah (pepaya dan dadiah).

Sajian makan siang, nasi ubi bayam, lado cangkuak, ayam batokok, ikan bakar, bakinco, karabu baluik, pepes pergaulan, bola ayam merekah dan salad buah segar.  Sajian makan malam,   kentang kangkuang, nasi jaguang sukun,  dendeang baluik,  sop ikan  fantasi, pergedel tahu kacang merah dan jahe hangat.

Menurut Ketua TP-PKK Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi, pasca dewan juri mengumumkan pemenang lomba masakan non beras dan non terigu B2SA ini, dua juru masak PKK Balai nan Tuo, Artati Agus dan Tuti Maryati, menjadi perhatian publik.  Resep menu yang dibuat PKK Balai nan Tuo, jadi rebutan peserta. PKK dari berbagai provinsi, langsung meminta resep PKK Balai nan Tuo.

”Alhamdulillah, kemenangan ini akan menambah inspirasi TP-PKK Payakumbuh dalam meningkatkan dan menjalankan program ke depan. Terutama, dalam meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu PKK, melalui berbagai ketrampilan,” sebut Ny. Henny Riza Falepi.

Ikut mendampingi ibu-ibu PKK Balai nan Tuo ke lomba makanan B2SA itu, Asisten III Setdako H. Iqbal Bermawi, M.Si, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Antoni Jmaya dan Camat Payakumbuh Timur Kefrinasdi, S.Sos.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*