Nana Fitria Agustina Raih Peringkat Pertama Arsiparis Teladan Tingkat Nasional

foto-penghargaan-arsiparis-anri-2014Jakarta, PADANGTODAY.com – “Saya sempat harap-harap cemas menanti pengumuan juara, karena peserta lainnya bagus-bagus,” demikian komentar Nana Fitria Agustina dari Universitas Gajah Mada yang mewakili Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada pemilihan Arsiparis Teladan tingkat Nasional yang diselenggaran Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), saat dihubungi melalui komunikasi telepon (Minggu, 17/08/2014).

Kemudian Fitria memaparkan tahapan seleksi yang dimulai pada Sabtu (16/08/2014) di kantor ANRI, Jakarta. Pertama adalah ujian tertulis, dilanjutkan presentasi laporan kinerja, dan wawancara yang dibagi ke dalam empat kelompok.

Waktu wawancara, masing-masing peserta mendapat 20-30 menit menghadapi dua orang juri dari ANRI. Materi wawancara adalah materi presentasi dan realitas di instansi. Setelah itu dipilih delapan besar: empat tenaga ahli dan empat tenaga terampil. Tahapan selanjutnya adalah presentasi di hadapan semua juri dan peserta selama 10 menit untuk menentukan peringkat nasional.

“Alhamdulillah dpt no 1…memperoleh penghargaan dan uang pembinaan,” demikian pesan singkat dari Fitria yang diterima pada pukul 15:59 hari Minggu (17/08/2014).

Fitria, mengungkapkan bahwa penghargaan ini bukan hanya sebatas memberikan yang terbaik kepada Kemdikbud tetapi juga harus bisa memberikan yang terbaik juga sebagai tanggung jawab moral. “Semoga apresiasi tingkat nasional ini mampu mendorong teman-teman Arsiparis di seluruh Indonesia untuk terus mengembangkan dirinya dan pengelolaan arsip di unit kerja bisa dilaksanakan lebih baik lagi,” ujar Fitria.

(md/nol)