Nelayan Pasie Pelanggai Dapat Bantuan Alat Tangkap

Padang-today.com – Wakil Gubernur Sunbar Nasrul Abit menyerahkan alat tangkap berupa jaring untuk menangkap undang pada nelayan Pasie Pelanggai Kecamatan Ranah Pasisir,Kabupaten Pesisir Selatan.

Advertisements

“Kelompok nelayan diberikan bantuan alat tangkap jaring Trammel,”kata Nasrul Abit

      Ia menjelaskan, Trammel net merupakan salah satu jenis alat penangkap ikan yang banyak digunakan oleh nelayan dan hasil tangkapannya sebagian besar berupa udang.

Bagi  kalangan nelayan, Trammel net sering disebut juga “Jaring kantong”, ” Jaring Gondrong” atau “Jaring Udang”. Trammel net semakin banyak digunakan oleh nelayan.

       Selanjutnya Nasrul Abit  menambahkan alat ini banyak diusahakan untuk penangkapan udang karena sesuai dengan lingkungan dan cara hidup dari udang dan jenis binatang demersal lainnya. Maka alat setelah dilepas diharapkan dapat mencapai dasar dengan baik.

“Gunakanlah alat tangkap trammel net ini dengan sebaik-baiknya, semoga dengan adanya bantuan alat tangkap ini, bisa meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat nelayan, dan bagi para nelayan yang belum kebagian alat tangkap trimmernet ini untuk bersabar, karena anggaran yang terbatas dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengupayakan tambahan alat tangkap trimmer net ini,” ujar Nasrul Abit.

     Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Yosmeri menyatakan, pihak memberikan 25 paket bantuan alat tangkap pada nelayan yang berada di Pasie Penyalai.

“Paket bantuan alat tangkap itu untuk dua kelompok nelayan yakni Kelompok Saiyo Mangko Manjadi di mendapatkan bantuan sebanyak  20 unit, serta Kelompok Jaya bersama 5 Unit,”katanya.

     Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar yang ketiga kali memberikan bantuan pada nelayan Pasie Panyalai.

“Sebelumnya kelompok nelayan tersebut diberikan bantuan berupa fish box sebanyak 60 paket,serta benih ikan garing sebanyak 1.000 ekor,”jelas Yosmeri.

    Bantuan alat penangkapan ikan ini, tambah Yosmeri diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan dan membangun usaha perikanan berkelanjutan.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*