Nokia Temukan Patner Baru Untuk Android

Ponsel-Nokia-Android-Pertama-Nokia-X-Nokia-X+-Nokia-XLPADANGTODAY.com – Meskipun Microsoft menghentikan produksi keluarga Nokia X, Kerja keras Nokia ketika mengembangkan ekosistem aplikasi Android untuk generasi smartphone Nokia X ternyata tak sia-sia. Nokia berhasil menemukan patner baru untuk membuat aplikasi Android lain, Samsung.

Advertisements

Cukup aneh memang melihat dua mantan kompetitor ini bekerja sama untuk membuat sebuah peta digital baru untuk perangkat mobile. Peta baru ini digadang-gadang mampu mengalahkan kemampuan dari aplikasi peta yang kini paling banyak dipakai di dunia, Google Maps.

Keretakan hubungan antara Google dan Samsung akibat pemilihan OS Tizen untuk smartwatch Samsung membuat pabrikan asal Korea Selatan tersebut kemungkinan besar menjadi penyebab keputusan kerjasama kali antar Nokia dan Samsung kali ini. Yang kemungkinan membuat Google lebih kebakaran jenggot, Samsung akan membenamkan aplikasi peta buatannya dan Nokia di jajaran gadget Galaxy, Mashable (29/08).

Aplikasi peta baru ini juga menawarkan satu fitur yang tidak dimiliki oleh Google Maps, yakni ‘Offline Maps’. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat mengunduh peta-peta berbagai negara di dunia dan menggunakannya secara offline. Hal ini pastinya cukup membantu para wisatawan yang kerap dipusingkan akibat tidak tersedianya koneksi internet di beberapa daerah wisata.

Aplikasi yang nantinya dapat diunduh secara gratis tersebut mempunyai koleksi peta dari 200 negara di dunia. Dalam mode offline sekalipun, pengguna masih bisa mendapatkan informasi tentang jalur transportasi atau jalur pejalan kaki di sekitar 100 negara. Jika pengguna sudah mendapatkan koneksi internet, peta ini dapat menampilkan informasi lalu lintas dan jadwal kendaraan umum secara real-time.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*