Novak Djokovic Terpilih Sebagai Atlit Putra Terbaik Tahun Ini

Petenis Serbia, Novak Djokovic.

Petenis Serbia, Novak Djokovic.

Advertisements

Shanghai, PADANGTODAY.COM-Petenis Serbia, Novak Djokovic, terpilih sebagai atlet putra terbaik tahun ini dan menerima penghargaan Laureus. Kemenangan Djokovic diumumkan dalam sebuah upacara di Shanghai, Tiongkok, Rabu (15/4/2015) malam.

Djokovic terpilih dengan menyisihkan nama-nama besar seperti Cristiano Ronaldo (sepak bola), Lewis Hamilton (F1), Marc Marquez (MotoGP), dan Rory McIlroy (golf). Ia terpilih karena prestasinya meraih dua gelar juara turnamen grand slam di Perancis Terbuka dan Wimbledon.

Djokovic juga meraih gelar juara untuk kelima kalinya di ajang turnamen grand slam Australia Terbuka, Januari tahun ini.

Di bagian putri, pelari Etiopia, Genzebe Dibaba, menjadi atlet putri terbaik tahun 2014 dengan memecahkan rekor dunia tiga kali berturu-turut dalam waktu dua pekan. Ia mencetak rekor dunia baru lari dalam ruangan di nomor 1.500 meter, 3.000 meter, dan dua mil pada Februari.

Terpilihnya Dibaba cukup mengejutkan karena ia menyingkirkan nama-nama besar seperti Serena Williams dan Li Na (tenis), Valerie Adams, Marit Bjorgen, dan Tina Maze.

Di bagian beregu, timnas sepak bola Jerman praktis tidak tersaingi untuk menjadi tim terbaik tahun ini. Mereka merebut Piala Dunia 2014 dengan menghancurkan tuan rumah Brasil 7-1 di babak semifinal.

Tim Jerman membuktikan lebih baik daripada pesaing lainnya, seperti Real Madrid, San Antonio Spurs, dan tim Piala Davis Swiss.

Ajang F1 kebagian penghargaan lewat pebalap Australia, Daniel Ricciardo. Pebalap tim Red Bull ini memenangi penghargaan sebagai pendatang dengan peraihan terbaik tahun ini setelah memenangi tiga seri GP F1 dan lima podium.

Penghargaan lengkap:
Atlet putera terbaik: Novak Djokovic, Serbia, tennis
Atlket puteri terbaik: Genzebe Dibaba, Ethiopia, athletics
Tim terbaik: German men’s football team
Combeack terbaik: Schalk Burger, South Africa, rugby
Pendatang baru terbaik: Daniel Ricciardo, Australia, Formula One
Atlet olahraga aksi terbaik: Alan Eustace, United States, skydiving
Atlet penyandang keterbatasan terbaik: Tatyana McFadden, United States, wheelchair racing
Penghargaan khusus: Li Na, China, tennis
Penghargaan Olah Raga buat Kebaikan: Skateistan, skateboarding
Semangta olah raga: Yao Ming, China, basketball

(reuters/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*