Obama Berharap Israel Minimalisir Korban Sipil Atas Gaza

GAZAOBAMAGaza,PADANGTODAY.com – Israel terus melancarkan serangan-serangan udara di wilayah Gaza. Sebanyak 11 orang tewas dalam berbagai serangan Israel di Gaza hari ini. Total korban jiwa pun telah lebih dari 300 orang.

Juru bicara urusan darurat Gaza, Ashraf al-Qudra mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (19/7/2014), sejauh ini 307 warga Palestina tewas selama operasi militer Israel yang telah berlangsung 12 hari itu. Sekitar 2.250 warga Palestina lainnya mengalami luka-luka sejak operasi dimulai pada 8 Juli lalu.

Sebelumnya dalam serangan Israel di Gaza pada Jumat, 18 Juli, belasan orang tewas termasuk 8 orang yang berasal dari satu keluarga. Bahkan di antara 8 korban jiwa tersebut, empat di antaranya anak-anak. Dikatakan Qudra, mereka terkena tembakan tank ke rumah mereka di Gaza utara.

Sementara itu, pasukan Israel kini tengah bersiap melancarkan serangan darat ke wilayah Gaza. Pemerintah Israel menyatakan, tujuan operasi darat ini adalah menghancurkan jaringan terowongan-terowongan kelompok Hamas, yang digunakan untuk melancarkan serangan lintas perbatasan di wilayah Israel selatan.

Menurut Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, serangan darat ini perlu untuk mengatasi keberadaan terowongan-terowongan tersebut. Meski diakui Netanyahu, tak ada jaminan operasi ini akan berhasil 100 persen untuk menghancurkan terowongan tersebut.

Terkait operasi militer Israel, Presiden AS Barack Obama menegaskan dukungan AS atas hak Israel untuk mempertahan diri. Namun ditambahkan Obama, Washington sangat prihatin akan jatuhnya korban jiwa warga sipil tak bersalah. Obama pun berharap Israel akan beroperasi dengan cara meminimalisir jatuhnya korban warga sipil.

(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*