Oknum ASN Di Tanah Datar, Lecehkan Wartawan Hendak Liput Rapat Di Setdakab

Fhoto : Ilustrasi. (Net)

Advertisements

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) pemkab Tanah Datar, lecehkan seorang wartawan yang hendak meliput rapat di Ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar, Jumat (25/03/18).

Dengan mengeluarkan nada ancaman, dan memaki maki kepada salah seorang wartawan media online Elvis Simon, oknum ASN seorang yang diketahui berinisial Mul, juga menantang wartawan yang hendak meliput rapat terkait isu pembangunan menara tower yang diduga menyalahi aturan di Jorong Nan IV Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar.

Kepada www.padang-today.com, wartawan www.kabardaerah.com itu mengatakan, awalnya ia datang ke kantor Bupati Tanah Datar, dimana ia mendapat informasi akan berlangsung rapat pembahasan mengenai pembangunan tower di belakang SMK Prigresif Batusangkar yang di komplain warga karena diduga menyalahi izin, antara pemkab dengan pihak terkait.

“Isu ini sudah menjadi pembahasan di DPRD setempat, dan ketika saya menuju ruang setda (Hardiman) ia dihalangi oleh Mul sambil berkata, ‘mau apa wa ang kasiko? ‘ (mau apa kamu datang kesini?) ” ucap Elvis.

Karena ia hanya bermaksud meliput dan mengambil dokumentasi rapat itu, Elvis langsung masuk karena melihat pintu ruang rapat dalam keadaan terbuka, dan menyapa peserta rapat yang hadir, namun Mul yang ikut hadir merangkul dan mendorong Elvis.

“Ia sempat menanyakan undangan saya sambil mendorong tubuh saya keluar, dan berkata “urang sadang rapek ang manggaduah sajo” (orang sedang rapat kau menggangu saja) sembari menutup pintu,” cerita Elvis.

Tidak hanya itu ucap Elvis, Mul sempat mengeluarkan ancaman kepadanya, “kalau ndak pai ang dari siko awas ang” (kalau kau tak pergi kau dari sini awas kau) sambil medorong dada elvis dengan kedua tangannya dan berkata kotor kepada awak media yang menjalankan tugasnya sebagai seorang wartawan.

“Nada ancamannya seperti ini, ‘Ndak jaleh dek den do, kalau kau tak senang silahkan kau laporkan kemana saja kau mau, kutunggu’. Dia sempat meludahi saya sebelum masuk ke ruang rapat,” tutur Wartawan online ini.

Elvis yang merasa tidak senang dengan perlakuan salah satu oknum ASN di lingkungan pemkab Tanah Datar itu, langsung melaporkan kejadian tersebut kepihak kepolisian di Polres Tanah Datar dengan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) Nomor :STPL/53/III/2018/SPKT.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat yang juga sebagai penasehat organisasi wartawan PPWI Tanah Datar Yoeskal Noer menilai, kekerasan atau intimidasi yang dilakukan oleh oknum ASN di Tanah Datar tidaklah patut terjadi.

Karena kata Yoeskal, saat bertugas ia sudah diatur oleh Undang Undang tentang Pers.

“Kami meminta pihak kepolisian Polres Tanah Datar agar mengusut kasus ini sampai tuntas, kami tidak ingin adalagi intimidasi terhadap wartawan yang bertugas, baik di Tanah Datar, maupun di Sumbar,” tutur Yoeskal. (ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*