Ombudsmen Sumbar Anjangsana ke Balai Wartawan Luak Limopuluah

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Kepala Ombudsman RI perwakilan Propinsi Sumatera Barat, Yunafri, bersama dua asistennya Meilisa Fitri dan Adel Wahidi melakukan anjangsana ke Balai Wartawan Luak Limopuluah, Rabu (26/11).

Dalam kegiatan anjangsana tersebut, Yunafri, menjelaskan tugas dan fungsi serta serta wewenang ombudsmen, sebagai lembaga yang berpungsi menengahi pengaduan dari masyarakat atas layanan publik oleh pemerintah dan BUMN/D.

“ Ombudsman Republik Indonesia bermula dari dibentuknya Komisi Ombudsman Nasional 13 tahun silam berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 2000. Peran Komisi Ombudsman Nasional saat itu adalah melakukan pengawasan terhadap pemberian pelayanan publik oleh penyelenggara negara, termasuk BUMN/BUMD, lembaga pengadilan, Badan Pertanahan Nasional, Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah, Departemen dan Kementerian, Instansi Non Departemen, Perguruan Tinggi Negeri, TNI, dan sebagainya.” ujar Yunafri,

Dijelaskan, ombudman ditugasi oleh negara untuk menerima laporan atas dugaan maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Kemudian melakukan pemeriksaan substansi atas laporan tersebut, dan menindaklanjuti yang tercakup dalam ruang lingkup kewenangannya.

Disamping itu, Komisi Ombudsmen juga bertugas untuk menginvestigasi atas prakarsa sendiri terhadap dugaan maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Setelah itu melakukan koordinasi dan kerja sama dengan lembaga negara atau lembaga pemerintahan lainnya serta lembaga kemasyarakatan dan perseorangan.
Balai Wartawan Luak Limopuluah mengajukan pertanyaan kepada, Yunafri, terkait sejuah mana peranan Ombudsman Sumatera Barat, sebagai lembaga yang berfungsi melakukan pengawalan terhadap lembaga pelayanan publik oleh penyelenggara negara, termasuk BUMN/BUMD, lembaga pengadilan, Badan Pertanahan Nasional, Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah, Departemen dan Kementerian, Instansi Non Departemen, Perguruan Tinggi Negeri, TNI, dan sebagainya.(mnc​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*