Outban: Keselamatan Dan Kesehatan Penting di Terapkan

Padang-today.com – Unsur keselamatan dan kesehatan sangat penting diterapkan bagi penerbangan di bandara Angkasa pura 2

“Setiap operasional penerbangan tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first) dan upaya agar tidak menyebabkan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) selama masa waspada pandemi,”kata Kepala Otoritas Bandara (Otband) Wilayah VI Padang, Agoes Soebagio di Padang.

Menurut dia, secara rutin melaksanakan pengawasan untuk memastikan keselamatan, kemananan dan kelancaran penerbangan tetap terjaga.

Masa pandemi Covid-19 ini tidak menjadi alasan berdiam diri dan mengabaikan kewajiban melaksanakan pembinaan dan pengawasan para pelaku jasa di bidang penerbangan di wilayah Kerja Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah VI,”ujar dia.

Pada masa pandemi ini seluruh inspektur kami ditekankan selalu melaksanakan tugas dan kewajiban untuk dapat menjamin keamanan, keselamatan dan kelancaran transportasi udara dengan segala media yang memungkinkan dan tetap dengan desiplin menerapkan protokol kesehatan. “Apapun kegiatannya harus patuh dengan protokol kesehatan,”tegas Agoes Soebagio.

Sementara itu Eksekutif General Menajer PT Angkasa Pura II (Persero) BIM, Ketaping, Yos Sugiono menyatakan, BIM bersama stakeholder di bandara bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional, 17 September 2020 telah mencangkan Safety and Healthy Campaign sebagai langkah memperkuat kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan dan keselamatan penerbangan di tengah pandemi COVID-19.

“Tujuan utama Safety and Healthy Campaign agar kita dapat menekan potensi yang dapat membahayakan penerbangan dan operasional bandara, serta mendukung program pemerintah dalam penanggulangan pandemi COVID-19 di bandara PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau,”kata dia.

Di tengah pandemi, tambah dia aspek kesehatan menjadi salah satu fokus PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau dan stakeholder menjaga kedisiplinan dalam implementasi protokol kesehatan.

“Kita mewajibkan penumpang maupun pengunjung memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3 M),”pungkas Yos.

Disisi lain Cecep Abdul Syukur GM Gapura Angkasa menyebutkan kami komitmen menegakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Corona.

“Penumpang mau masuk aja diperiksa dulu seluruh berkas apakah sudah melalukan tes swab, bila belum penerbangan menyuruh dulu untuk swab sesuai dengan peraturan,”kata dia.

Untuk menghindari antrian saat chek in di counter tambah telah dibuat check in online. “Calon penumpang tidak perlu lagi antrian panjang di counter,”jelas Cecep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas