P1 Kian Dekat, Pemko Berbenah Untuk Rebut Adipura 2015

Wawako membuat lubang biopori.

Wawako membuat lubang biopori.

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Penilaian tahap pertama (P1) Adipura 2015, dijadwalkan Oktober ini. Tim penilai pusat akan datang ke Payakumbuh secara sembunyi, tanpa diketahui Pemko. Jika gagal dalam P1, kota yang sudah tujuh kali merebut Piala Adipura ini, dapat dipastikan tersisih dalam perebutan Adipura 2015. Karena itu, keseriusan Pemko dalam membenahi kota dalam sektor lingkungan hidup dan kebersihan harus mendapat dukungan kuat dari seluruh elemen masyarakat.

Untuk itu, ratusan PNS dan TNI/Polri serta masyarakat, melakukan gotong royong bersama di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang, Kamis (16/10) pagi. Goro massal ini dibuka Wakil Walikota H Suwandel Muchtar, selain diikuti sejumlah pimpinan SKPD bersama Asisten II Amriul. Setelah itu, wawako bersama anggota TNI juga membuat lobang biopori di Kubu Gadang sekitarnya. Semak belukar yang menebal di kasawan gelanggang pacuan kuda itu, hanya dalam rentang waktu 2 jam kelihatan bersih dan rapi. Puluhan tenaga kebersihan atau pasukan kuning Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Payakumbuh, langsung mengangkut sampah ilalang dan rumput ke TPA Regional.

Menurut Wawako Suwandel Muchtar, “SKPD terkait seperti Kantor Lingkungan Hidup dan Dinas Tata Ruan Kebersihan, dimotivasi untuk meningkatkan kinerjanya dalam membenahi seluruh sudut kota serta titik pantau yang akan dikunjungi tim penilai. Menurutnya, Payakumbuh tidak boleh gagal dalam penilaian tahap pertama ini. Karena, masyarakat sangat berharap Piala Adipura kembali diraih kota ini tahun depan, “tegasnya.

Pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako H. Suwandel Muchtar, mengakui, partisipasi warga dalam pemeliharaan lingkungan hidup dan ketertiban, kebersihan dan keindahan kota cukup tinggi. Di kawasan lingkungan pemukiman, sejak beberapa tahun lalu sudah tampak rindang dengan pohon penghijauan, selain kebersihan lingkungan yang terjaga.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*