Padang Panjang Usung Konsep Pariwisata Halal Tourism

Padangpanjang, Padang-today.com – Sebagai kota perlintasan dengan beragam potensi yang dimiliki, Padang Panjang terus berbenah menatap peluang. Salah satu landasan sebagai kota yang berada di persimpangan, Padang Panjang menggeliat sebagai salah satu daerah kunjungan pariwisata di Sumatera Barat.

Tidak hanya berharap dari konsep, Padang Panjang yang diapit tiga gunung api tersebut, memang dikaruniai alam yang indah dan sejuknya udara pegunungan. Sehingga, Padang Panjang sejak zaman kolonial Belanda sudah dijadikan salah satu strategis untuk kawasan Sumatera dengan sejumlah fasilitas pendukung.

Berangkat dari kejayaan masa lalu dan didukung keramahtamahan masyarakatnya, Pemerintah Kota Padang Panjang berupaya untuk menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor andalan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Apalagi, keberadaan sejumlah fasilitas wisata, baik wisata alam, budaya dan relijius, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kota berjuluk “Serambi Mekah” itu.  

“Kita memiliki potensi alam yang tidak kalah indahnya dengan daerah tujuan wisata lain di Tanah Air, kita punya Masjid Asasi yang berusia ratusan tahun, kita punya pemandian Lubuk Mata Kucing yang telah terkenal sejak zaman Belanda, kita juga punya lembaga Institut Seni Indonesia,” kata Walikota Padang Panjang Hendri Arnis pada malam Grand Final  Pemilihan Uda Uni Kota Padang Panjang tahun 2016, bertempat di Gedung Hoeridjah Adam ISI Padanpanjang, Sabtu malam kemarin.

Dikatakan Hendri Arnis, potensi wisata yang dimiliki daerah itu bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan merevitalisasi sejumlah objek wisata dan mengembangkan objek wisata baru, salah satunya Air Terjun Tujuh Tingkat dan wisata Arum Jeram di kawasan Lubuk Mata Kucing.

“Kita harapkan kepada Uda Uni yang akan terpilih nantinya menjadi Duta Wisata Padang Panjang, bisa mempromosikan geliat pariwisata di Kota Padang Panjang dengan mengusung konsep Halal Tourism. Uda Uni terpilih juga memikul tanggung jawab terhadap kemajuan dan mampu menjaga citra Kota Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekah,” sebut Hendri Arnis.

Pada kesempatan itu, penekanan konsep Halal Tourism yang akan diberlakukan oleh Pemerintah Kota Padang Panjang untuk mempromosikan pariwisatanya, juga harus mendapat dukungan dari instansi terkait, pelaku bisnis pariwasata dan masyarakat setempat.

“Kita ingin, semua elemen bergerak cepat dan menjadi satu kesatuan dalam memajukan pariwisata Padang Panjang. Ini tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya.

Pada malam Gran Final Pemilihan Uda dan Uni Kota Padang Panjang tersebut, dari 12 pasang finalis berhasil melewati babak penyisihan,  Ferdinal Yusuf,S.Pd  terpilih sebagai Uda Kota Padang Panjang, sementara untuk Uni Kota Padang Panjang diraih oleh Ayu Gusnidal yang merupakan mahasiswi IAIN Batusangkar.

Disebutkan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Porbudpar) Kota Padang Panjang Sri Syawitri, ke dua belas pasangan finalis yang berhasil menyisihkan puluhan peserta lainnya, juga telah dibekali dengan beragam pengetahuan dan ketrampilan, semasa masa karantina.

“Kedua belas finalis Uda Uni Padang Panjang ini, juga telah melakukan sosialisasi terhadap potensi-potensi pariwisata di Kota Padang Panjang sebagai salah satu persyaratan mereka mendapatkan dukungan melalui video pendek mereka,” sebut Sri.

Diharapkan nanti, mereka yang akan terpilih sebagai Uda Uni Kota Padang Panjang, bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam mempromosikan berbagai potensi pariwisata yang ada di Padang Panjang ke dunia luar.

“Uda dan Uni yang terpilih, juga akan kita ikutkan dalam pemilihan Duta Wisata Provinsi Sumatera Barat dan jenjang selanjutnya, hingga ke tingkat nasional,” ungkap Sri Syawitri.   

Sementara itu, Uda Padang Panjang Tahun 2016  Fedinal Yusuf, S.Pd yang pernah bersekolah di SMAN 2 Padang Panjang mengatakan, dirinya tak menyangka akan terpilih menjadi Uda Padang Panjang. Apalagi, pesaing-pesaing dirinya pada ajang juga cukup bagus dan lebih menguasai tentang pariwisata Padang Panjang.

“Saya sangat terkejut dan tak mengira dengan apa yang saya dapat pada malam ini, dibalik semua itu, saya meyakini bahwa doa, kerja keras dan optimis megantarkan saya meraih semua ini. Saya ingin belajar lagi dan menggali lagi tentang potensi pariwisata yang ada di Kota Padang Panjang, agar kota kita ini bisa dikenal tak hanya di tingkat nasional tapi juga internasional,” kata Ferdinal.

Lain lagi yang disampaikan Ayu Gusnidal, mahasiswa Perbankan Syariah di IAIN Batusangkar itu mengungkapkan, agar apa yang diraih saat ini menjadi batu loncatan untuk mewakili Padang Panjang di ajang pemilihan tingkat Sumatera Barat.

“Alhamdulillah terima kasih buat pendukung Ayu, Ayu berharap bisa mempromosikan Padang Panjang. Karena Ayu sekarang adalah duta wisata disini, Ayu nantinya juga ingin ikut mewakili Padang Panjang di tingkat Sumbar,” ungkapnya.

Selain pengalungan Salempang Uda dan Uni oleh Walikota Padang Panjang, juga diserahkan hadiah kepada Uda dan Uni dari berbagai jenis penilaian dan pemberian ucapan selamat oleh Walikota, Sekretaris Daerah, Pimpinan DPRD, Unsur Forkompinda, Ketua TP-PKK dan sejumlah undangan lainnya. (***)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*