Padang Pariaman, Gelar Sosialisasi Pelaksanaan PENAS XVI Tahun 2020

Padang-today.com – Pemerintah Padang Pariaman melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar sosialisasi pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Penas Pentani Nelayan, Senin (02/03) di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman.

Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan Indonesia merupakan ajang berkumpul dan bersilahturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Penas Petani Nelayan ke XVI tahun 2020 kali ini, Pemerintah Padang Pariaman di percaya sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Penas tersebut yaitu ajang mempamerkan hasil karya dan teknologi. Hal ini di katakan Sekdakab Padang Pariaman Jhonpriadi pada saat membuka secara resmi sosialisasi Penas Tani Nelayan ke XVI tahun 2020.

“Tujuan sosialisasi ini untuk menyiapkan dan persiapan dalam pelaksanaan Penas ke XVI kali ini di Padang Pariaman,” kata Jhonpriadi.

Untuk memantapkan persiapan dalam penyelenggaraan Pekan Penas ke XVI itu, pihaknya telah menyiapkan segala yang akan dibutuhkan agar suksesnya kegiatan yang berskala nasional tersebut.

“Karena lokasi utamanya di Asrama Haji, segala yang perlu dibenahi agar suksesnya Penas ini, kami sudah mempersiapkan segala yang dibutuhkan. Persiapan itu diantaranya infrastruktur, maupun sarana dan prasarana untuk peserta Penas agar susksesnya acara berskala nasional ini,” tutup Jhonpriadi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat, Chandra dalam sambutannya menyebutkan, Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan diadakan dalam rangka membangkitkan semangat, tanggungjawab serta kemandirian petani nelayan dan petani hutan dalam meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Kegiatan PENAS digagas oleh para tokoh tani, nelayan sejak 1971 dan menjadi wadah pertemuan kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling mengisi dan memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani, nelayan dan petani hutan.

“Semua yang di pamerkan disana adalah karya terbaik anak bangsa,” kata dia.

Manfaat lain dari penyelenggaraan PENAS adalah adanya komunikasi dua arah antara petani nelayan dan petani hutan dengan Pemerintah yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan program yang terkait dengan pembangunan pertanian dan penyampaian umpan balik aspirasi petani, nelayan dan petani hutan.

PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2020, seperti Penas-Penas sebelumnya merupakan wahana bagi para petani nelayan dan petani hutan seluruh Indonesia untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kehutanan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan.

Sesuai dengan hasil Rembug Utama Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional pada PENAS XV Petani Nelayan Tahun 2017 di Aceh, disepakati bahwa PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2020 akan diselenggarakan di Sumatera Barat.

“Pelaksanaan ini tepatnya di Kelurahan Aie Pacah Kecamatan Koto Tengah, Kota Padang dengan jumlah peserta sebanyak 50.000 orang, dan Padang Pariaman ditujuk sebagai tuan ruamah sebagai ajang pamer teknologi dan hasil karya petani dan nelayan dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia,” tutupnya.

Sosialisasi tersebut diahdriri oleh seluruh OPD di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, DPRD, TNI/POLRI dan semua walinagari  yang ada di daerah itu.

Dalam Sosialisasi tersebut peserta mengikuti beberapa kegiatan, diantaranya,

  1. Arahan Dinas Pertanian Sumbar
  2. Ringkasan Kegiatan PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2020;
  3. Kesiapan Pemda Padang Pariaman oleh Bupati Ali Mukhni.
  4. Diskusi dan Tanya jawab; dan
  5. Rapat Bidang-bidang Kegiatan

PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2020. Diharapkan setelah diadakan kegiatan Sosialisasi PENAS XVI Petani Nelayan Tahun 2020, semua pihak terkait dapat menindaklanjutinya dan membantu baik agar suksesnya acara tersebut. (Sgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas