Padangpanjang Hanya Ikutkan 23 Cabor 5 Lainnya Tersandung Kepengurusan

 

Ketua KONI Padang Panjang  Nusirwan.

Ketua KONI Padang Panjang Nusirwan.

Padangpanjang, PADANGTOADAY.com– Ketidakpastian keikutsertaan kontingen Kota Padangpanjang dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di  Dharmasraya mendatang, akhirnya terjawab setelah adanya sejumlah proposal anggaran diajukan pengurus cabor untuk dilakukan verifikasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KONI Kota Padangpanjang, Nusirwan DN menyebutkan sampai saat ini sebanyak 23 proposan anggaran yang diusulkan masing-masing cabang olahraga (cabor) telah dilakukan verifikasi. Anggaran kebutuhan yang diajukan cabor, akan dikucurkan dalam beberapa termen sesuai dengan ketetapan.

“Anggaran dengan besaran berbeda sesuai kebutuhan cabor terkait, dikucurkan bertahap. Seperti untuk kebutuhan persiapan seleksi, hingga proses training center (TC) berjalan dan penuh. Sedangkan anggaran cabor yang dibutuhkan untuk mengikuti helat Porprov, akan dikucurkan pada saat pemberangkatan,” tutur Nusirwan kepada wartawan.

Anggaran yang disetujui untuk mengikuti Porprov kali ini terjadi penyusutan dari tahun sebelumnya, yakni dari Rp4,5 miliar menjadi Rp3,5 miliar. Di luar anggaran KONI itu, terdapat dana lain yang dianggarkan pada Dinas Porbudpar untuk kebutuhan seragam kontingen kota sebesar Rp500 juta. “Turunnya anggaran di banding tahun lalu, KONI diminta “bapandai-pandai” pada kegiatan kali ini,” sebut Nusirwan.

Terkait 23 cabor yang telah memastikan keikutsertaan pada ajang Porprov XIII mendatang, di antaranya terdapat satu cabang baru, yakni cabor billyar. Sedangkan 5 cabor yang tidak ikut serta dengan berbagai alasan, yakni cabor Tenis Lapangan, Tarung Drajat, Balap Motor, Tenis Meja dan Senam. Empat di antara cabor tersebut karena alas an kepengurusan dan Tarung Drajat masih dalam masa scorsing atau larangan bertanding.

“Kontingen Padangpanjang yang turun ke arena Porprov XIII nantinya dari 23 cabor yang diikutsertakan berjumlah 442 orang. Masing-masing terdiri dari 332 atlet, 60 pelatih dan 50 official, yang telah disampaikan masing-masing cabor terhadap pengurus KONI,” ungkapnya.

Sementera terkait rencana kerja (renja) KONI untuk mempersiapkan kondisi cabor pada arena Porprov XIII mendatang, Plt Ketua Koni yang sebelumnya menjabat posisi Wakil Ketua ini akan mencoba merumuskan system koordinasi lintas instansi guna mendorong semangat tanding. Nusirwan berharap, permasalahan yang selama ini mendera KONI tidak merenggut semangat atlet untuk meraih prestasi pada ajang multi iven olahraga se-Provinsi itu.

“Khususnya dalam kebutuhan cabor dan atlet di arena Porprov nanti, kami akan membentuk tim advent yang akan mengkoordinasikan serta mengkomunikasikan sarana seperti tempat menginap. Selain itu juga kebutuhan mobilisasi cabor dalam mengikuti rangkaian jadwal tanding serta pembagian rombongan insane pers, akan dikoordinasikan dengan jajaran Pemko,” pungkasnya. (dil/nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*