Padangpanjang Kembali Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Padangpanjang, TODAY—Kembali Kota Padangpanjang untuk kelima kalinya berturut -turut meraih Penghargaan sebagai Kota Peduli HAM. Penghargaan tersebut diserahkan Menko Polhukam dan Menkumham kepada Walikota Padangpanjang yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Syahdanur, SH, MM di Kota Bandung pada peringatan Hari HAM ke 71, Selasa (10/12).

Syahdanur mengatakan, penghargaan ini diberikan merupakan sebagai apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang dalam pemerintahan dan pembangunan memperhatikan nilai-nilai Hak Azazi Manusia (HAM). Penghargaan tersebut diberikan terhadap 272 kabupaten/kota sebagai kabupaten dan kota peduli HAM.

“Pemberian penghargaan ini kami laksanakan pada momen yang tepat, yakni pada hari dimana setiap negara di dunia memperingati Hari HAM ke-71 yang mengambil tema ‘Pelayanan Publik yang Berkeadilan’,” ujar Syahdanur ketika dihubungi melalui selularnya Selasa (10/12).

Disampakannya dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, tercatat 432 kabupaten/kota, atau sekitar 84 persen telah berpartisipasi mengajukan data capaian untuk dinilai pada Kabupaten dan Kota Peduli HAM. Namun, hanya 272 kabupaten/kota, atau sekitar 62 persen, yang mampu meraih penghargaan kategori Kabupaten dan Kota Peduli HAM.

Penghargaan tersebut diberikan atas upaya dan keberhasilan pemerintah dalam pemenuhan dan pelayanan publik, yang merupakan bagian dari hak-hak dasar warga dan masyarakat. “Terutama pemenuhan hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan,” jelas Syahdanur. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas