Padangpanjang Nyaris Gagal Ikut Porprov, Dinas Terkait Dinilai Lamban

Logo Kota Padang Panjang.

Logo Kota Padang Panjang.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Kontingen Kota Padangpanjang nyaris tidak ikut serta dalam ajang olahraga multi iven Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan di helat di Dharmasraya 16 Desember mendatang. Kondisi tersebut dikarenakan persoalan pencairan anggaran yang baru direkomendasikan Dinas Pemuda Olahraga dan Kepariwisataan setempat selaku instansi terkait, mengeluarkan putusan setelah dilakukannya rapat khusus bersama Sekko Padangpanjang, Selasa (7/10) kemarin siang.

Pelaksanatugas (Plt) Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Padangpanjang, Nusirwan DN mengungkapkan setelah menerima limpahan tugas dari Ketua Umum KONI setempat, telah melakukan percepatan hingga verifikasi proposal anggaran cabang olahraga (cabor). Hasil verifikasi tersebut selanjutnya telah diserahkan kepada Dinas Porbudpar 30 September lalu untuk selanjutnya penyegeraan pencairan anggaran cabor sesuai ketentuan dan kebutuhan.

Belum terealisasinya pencairan anggaran cabor hingga kemarin, Nusirwan mengaku tidak memahami kebijakan Porbudpar selaku instansi pemberi rekomendasi. Meski verifikasi proposal anggaran telah tuntas dibahas bersama tim gabungan, namun pihak yang membidangi olahraga pada Porbudpar mengatakan harus membentuk tim verifikasi anggaran sebelum diberikan rekomendasi pencairan kepada pihak DPPKAD.

“Alasan ini lah yang akhirnya menyebabkan KONI terlambat mendaftarkan kontingen ke Dharmasraya selaku panitia penyelenggara Porprov XIII. Namun dengan setelah pertemuan bersama Sekko tadi (kemarin, red), Padangpanjang sudah bisa dipastikan turut serta kembali dalam multi iven duatahun sekali ini. Batas waktu pendaftaran kontingen, sesuai edaran panitia masih dapat dilakukan hingga limit terakhir 10 Oktober besok,” jawab Nusirwan.

Perantau Padangpanjang di Jakarta, Ryan Diofella yang juga sebagai Pembina di tubuh KONI kota berhawa sejuk itu, mengaku sangat kecewa lambatnya kepastian keikutsertaan kontingen Padangpanjang dalam Porprov XIII ini. Jika Padangpanjang sampai tidak ikut dalam Porprov 2014 di Dharmasraya ini, akan sangat memalukan bagi seluruh warga Padangpanjang termasuk perantau.
Ryan yang sengaja pulang kampung untuk menyelesaikan persoalan KONI itu, menilai keterlambatan pencairan dana hibah ini disebabkan adanya unsur kesengajaan dari oknum di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) sendiri. Ryan mensinyalir adanya pembusukan dari dalam instansi terkait untuk dengan sengaja meruntuhkan marwah Padangpanjang terutama kepemimpinan Hendri Arnis selaku walikota.

“Saya bertanggung jawab mengatakan ini, bahwa oknum berinisia “T” yang membidangi olahraga pada Dinas Porbudpar harus ditinjau ulang kinerja yang dipercayakan kepadanya. Saya minta agar Walikota bersama Sekko untuk menyikapi ini dengan bijak demi menjaga marwah  kota Padangpanjang khususnya dalam bidang olahraga,” tegas Ryan didampingi Nusirwan setelah mengikuti pembahasan kendala pencairan anggaran di ruangan ruangan Asisten II Kota Padangpanjang, kemarin.

Pertemuan singkat dengan Sekko Muzwar di Balaikota siang itu, Ryan mengaku telah bertugas-tegas meminta kepastian dari pemerintah terkait keikutsertaan kotingen Padangpanjang. Jika tidak dicairkan hingga besok (hari ini, red), Ryan memastikan KONI tidak lagi dapat berbuat banyak dan akan menyerahkan mandat ke pemerintah sebagai pertanggungjawaban terhadap masyarakat.
Namun, dengan ketegasan KONI dalam menyikapi keikutsertaan kontingen Padangpanjang, Sekko Muzwar disebutkan telah langsung memerintahkan Porbudpar untuk segera menjemput bola. Bahkan Muzwar pada kesempatan itu, memberikan dead line kepada Porbudpar agar menuntaskan persoalan pencairan anggaran hingga pukul 00.00 Wib tadi malam.

“Porbudpar harus segera menuntaskan pencairan dana hibah untuk KONI ini, agar kontingen kita bisa segera didaftarkan untuk ikut dalam Porprov. Kepada Asisten II, saya juga meminta untuk ikut membantu proses ini mengingat waktu yang sangat mendesak,” tutur Ryan menirukan ucapan Sekko Muzwar yang langsung kepada Kepala Dinas Porbudpar Erizal dan Asisten II Sonny Budaya Putra yang hadir dalam pertemuan itu. (dil/nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*