Padangpanjang Tata Lokasi Baru Potensi Wisata

Lambang Kota Padang PanjangPadangpanjang, Padangtoday- Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang, terus mengembangkan sayap sebagai salah satu daerah destinasi dengan saat ini tengah menata potensi wisata baru, guna memanjakan wisatawan yang berkunjung ke daerah berhawa itu.

Advertisements

“Kami sedang menata kawasan di sekitar Bukit Tui, sesuai dengan saran dari masyarakat sekitar,” kata Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis melalui Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Porbudpar) Padangpanjang Sri Syahwitri di ruangan kerjanya baru-baru ini.

Ia menyebutkan, saat ini pihak Dinas Porbudpar berencana akan membuat jalur tracking untuk pejalan kaki di sepanjang Bukit Tui. Mulai dari bawah dekat Bancah Laweh hingga menuju ke tulisan atau nomenklatur “PADANGPANJANG” yang rencananya akan dipasang di pinggang bukit tersebut.

Menurut Wali Kota, jalur tracking tersebut diharapkan juga bisa dilalui oleh sepeda gunung dengan melintasi sepanjang Bukit Tui sampai ke tungku kapur di Rao-Rao. Daerah tersebut juga merupakan kawasan penyangga di dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Padangpanjang.

“Jadi kami tidak mengganggu ke hutan lindung. Sebab, dalam RTRW kawasan penyangga ini bisa dimanfaatkan untuk wisata alam selagi tidak mengubah bentang alam dan merusaknya,” tuturnya.

Demikian juga disampaikan salah seorang masyarakat Padangpanjang, Junaidi menyambut baik rencana yang akan dilakukan oleh pemerintah setempat sebagai upaya peningkatan kunjungan wisata.

“Itu sangat bagus untuk menarik kunjungan wisatawan, sehingga bisa membangkitkan perekonomian masyarakat ke arah yang lebih baik lagi. Kemudian ini tentunya juga akan menjadi salah ikon kota, seperti HOLLYWOOD,” ujarnya.

Menurut dia, sudah saatnya Padangpanjang mengembangkan pariwisata, karena sektor ini bisa penyumbang pendapatan yang lebih baik.

“Sektor pariwisata merupakan andalan bagi sejumlah daerah dalam meningkatkan pendapatan, maka potensi yang dimiliki oleh Padangpanjang di sektor Pariwsata itu terbuka lebar,” pungkas Syahwitri. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*