Padangpanjang Terbaik Pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020

Padangpanjang, TODAY—Hasil presentase pelaksanaan sensus penduduk online tahun 2020 yang berlangsung di Indonesia bulan Januari hingga Maret lampau, Kota Padangpanjang terbaik di Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat Ir. Pitono, MAP dalam kegiatan penyampaian laporan Pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP Online) 2020 dan Sosialisasi Kegiatan BPS di Masa New Normal di Hall lantai 3 Balaikota, Rabu, (24/06).

Pitono mengatakan, dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP Online) 2020 kemarin itu, partisipasi dan antusias masyarakat Kota Padangpanjang untuk ikut SP Online sangat tinggi. Sehingga membuat Kota Padangpanjang melampaui target yang cukup jauh yaitu 200 %.

“Hal ini membuat Kota Padangpanjang secara persentase se – Sumatera Barat, berada di peringkat nomor 1 yaitu terbaik di Sumatera Barat,” ungkap Pitono.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik Kota Padangpanjang, Arius Jonnaidi, SE, ME dalam laporannya menjelaskan, persentase realisasi keluarga respon SP Online 2020 terhadap total Kepala Keluarga (KK) yang ada di Kota Padangpanjang, secara de facto mencapai angka 41,15 % atau sebanyak lebih kurang 6.185 KK dari total 15.725 KK yang ada di Kota Padangpanjang. Jumlah jiwanya sebanyak 24.899 jiwa atau 45,79 %

“Jadi bisa dibilang sudah hampir separo dari KK masyarakat Kota Padangpanjang yang telah melaksanakan SP Online 2020. Dengan demikian, Kota Padangpanjang telah jauh melebihi target yang telah ditetapkan yaitu sebesar 20,94 %,” kata Arius

Dikatakannya juga untuk tingkat kecamatan dan kelurahan, secara keseluruhan telah melebihi ambang batas target yang telah ditetapkan. “Dengan persentase per kecamatan yakni Kecamatan Padangpanjang Barat mencapai angka 36,74 % dan Kecamatan Padangpanjang Timur 42,92 %, ” jelas Arius.

Sementara untuk tingkat kelurahan, Arius menyebut jika dilihat dari tingkat partisipasi warga / persentase KK respon yang tertinggi dengan tingkat kesalahan terendah diraih Kelurahan Koto Katik, Kecamatan Padangpanjang Timur dengan capaian sebesar 76,80 %.

Sedangkan untuk kelurahan yang terbanyak partisipasi warganya juga dengan tingkat kesalahan yang kecil adalah Kelurahan Koto Panjang dengan jumlah KK respon mencapai 693 KK / 58,28 %. Selanjutnya untuk kelurahan yang memiliki tingkat respon tercepat dengan partisipasi masyarakat yang tinggi dan tingkat kesalahan yang rendah adalah Kelurahan Bukit Surungan.

“Sementara itu, untuk Kategori Koordinasi Sangat Baik dan Partisipasi ASN Tercepat diraih oleh Dinas Kominfo, Dinas Perpustakaan dan Arsip dan Dinas Dukcapil,” ungkapnya sembari menyebut bagi kelurahan dan OPD yang terbaik dalam pencapaian SP Online tahun 2020 diberikan piagam penghargaan dan cindera mata.

Walikota Padangpanjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat Kota Padangpanjang dan seluruh ASN yang telah ikut berpartisipasi dalam SP Online tahun 2020 ini.

“Insyaallah di bulan September untuk kategori terbaik, tercepat dan terakurat juga akan tetap diraih oleh Kota Padangpanjang,” harap Fadly Amran pada kesempatan yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Padangpanjang, Drs. Asrul, Sekretaris Daerah Kota Padangpanjang, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si dan Kepala OPD se-Kota Padangpanjang. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas