Padangpanjang Tetapkan Tapal Batas Kelurahan

Lambang Kota Padang PanjangPadangpanjang, Padangtoday– Guna penertiban adnimistrasi wilayah lingkup pemerintahan terkecil, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang mulai menetapkan batas wilayah antar kelurahan.

Advertisements

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Umum Sekretariat Padangpanjang, Alber Dewitra menyebut penetapan batas wilayah kelurahan sangat pentint. Terutama terkait guna kejelasan dan tertib administrasi bagi masyarakat yang tidak membingungkan serta lainnya.

Selain itu dikatakannya, pembuatan tapal batas kelurahan juga akan memperjelas luas wilayah suatu kelurahan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

“Terkadang tapal batas diakatakannya, juga menjadi polemik bagi masyarakat dalam melakukan tindakan, baik itu tentang kamanan maupun yang lainnya,” tutur Alber baru-baru ini.

Terkait pelaksanaan pembuatan tapal batas tersebut, Alber menyebut telah dilakukan kerjasama antara Pemko Padangpanjang dengan pihak konsultan yang berkopeten di bidangnya. Tahap awal kerja sama tersebut, telah dilakukan penetapan tapal batas di delapan kelurahan yang ada di Kecamatan Padangpanjang Timur.

“Sedangkan untuk tahap berikutnya, akan dilakukan penetapan tapal batas di delapan kelurahan lagi yang ada di Kecamatan Padangpanjang Barat pada 2016 ini,” ujarnya.

Salah seorang tokoh masyarakat di Kelurahan Bukitsurungan Kecamatan Padangpanjang Barat, Aswendri mengaku sangat mendukung penetapan tapal batas wilayah kelurahan. Hal ini dikatakannya sebagai bentuk pemetaan wilayah pemerintahan terkecil tingkat kelurahan guna memudahkan masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan.

“Terkadang masyarakat kita masih ada yang ragu tinggal dikelurahan mana, sehingga bisa menjadi alasan penundaan untuk mengurus keperluan administrasi kependudukan mereka. Dengan adanya penetapan tapal batas ini, jelas sangat membantu masyarakat menetukan lokasi tempat tinggal,” ungkap Aswendri yang juga mantan Ketua RT IX di kelurahan setempat. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*