PadangpanjangBerkomitmenLawanKorupsi, BerbagaiPrestasipunDiraih

Logo-PadangpanjangPadagpanjang, Padangtoday—Ditengah pemerintah menggalakan gerakan revolusi mental untuk mencapai negara yang berkualitas, Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat juga mengiringi hal itu dengan menyematkan Pin anti korups ikepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di daera hitu, sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam meciptakan tata pemerintahan yang baik bersih dan berkualitas.

Advertisements

“Inilangkah strategis untuk membudayakan anti korupsi di Padangpanjang,” kata Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Padangpanjang Ampera Salim.

Pin anti korupsi itu disematkan langsung olehWali Kota kepada perwakilan ASN ketika melaksanakan upacara di lapangan Balai Kota Padangpanjang. Pada tahap awal seluruh pejabat pemerintahan wajib mengenakan pin tersebut. “Denganadanya PIN, secaratidaklangsungmengingatkan kami akankejahatankorupsi,” katanya.

Penyematan Pin itu kata dia, juga mempertegas komitmen pemerintah Padangpanjang dalam memerangi tindak pidana korupsi terutama di Padangpanjang.

Ia menambahkan, penerbitan Pin itu satu cara pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 55/2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan danPemberantasan Korupsi.

Dengan adanya kata sepa katuntuk menolak korupsi, maka sistem pemerintahan yang baik dan bersih itu bisa diciptakan di Padangpanjang yang nantinya juga akan berorientasike pada pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Komitmen dalam menciptakan tata pemerintahan yang bersih dan berkualitas di Padangpanjang harus selalu di pelihara, sehingga bisa memberikan pelayanan yang prima masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan perlawanan tindak pidana korupsi tidak hanya dilakukan melalui simbol namun pemerintah Padangpanjang juga akan mengkampanyekannya kepada masyarakat. Dengan demikian seluruh masyarakat juga ikut terlibat dalam memberantas korupsi.

Sementara upaya dalam memerangi korupsi tersebut Padang Pajang sudah melaksanakan transaksi pembayaran non tunai di lingkungan pemerintah setempat untuk meningkatkan akuntabilitas dane fektivitas pengelolaan keuangan daerah.

“Kebijakan itu akan mengurangi uang beredar secara tunai di tengah masyarakat dan salah satu upaya menahan laju inflasi di daerah,” ujarnya.

Kebijakan itu kata dia, juga merupakan tindak lanjut kerjasama Pemkot Padangpanjang dengan Bank Indonesia. Disisi lain, selama dibawah pemerintahan wali Kota Hendri Arnis dan wakil Wali Kota Mawardi, Padangpanjang juga tidak luput dari berbagai prestasi yang selalu menjadi motivasi dalam bekerja.

Hal itulah salah satu ciri dari Kota Padangpanjang. Kota berhawa sejuk itu, kembali menerima Anugerah Kota Sehat dari pemerintah pusat, sebelumnya juga meraih Anugerah Ki HajarDewantara dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) serta sederet penghargaan lainnya.

Berbagai prestasi yang diraih Padangpanjang tak lepas dari disiplin yang diterapkan Walikota Hendri Arnis.Pascadilantik 1 Oktober 2013 oleh mantanGubernur Sumatera Barat IrwanPrayitno, Hendri mengusung satu komitmenawal sebagai pasangan kepaladaerah terpilih, yakni menyelesaikan bengkalai program kinerja dan membawa Padangpanjang sebagai kota yang sehat, yaitu sehat jasmani, seha trohani dan sehat sosial.

Berjiwa muda dan punyakon septersen dir idalam mengambil setiap kebijakan, merupakan salah satu cirikhas dar iH.Hendri Arnis,BSBA. Dia Sejak dilantik selalu mengedepankan prinsip cerdas, tangkas dan tegas serta selalu berprasangka baik.

Pertama kali menjabat dia mengubah kebiasaan pegawai untuk masukkantor pukul 8.00 pagi dari jam ngantor sebelumnya padapukul 7.30 WIB. Supaya semuaurusa nrumah tangga selesai di pagihari, menjelang masukkerja.

Kemudian, kebijakanlainnya dengan menetapkan kendaraan dinas diperuntukan hanya untuk dinas. Tidak dibenarkan dibawa pulang. Kendaraan juga harusdila beli logo PemdaPadangpanjang.

Kepada PNS diminta lebih fokus menjalan kantugas. Sebagai imbalannya tunjangan daerah dianaikan 50 persen. Kondisi ini sangat menyenangkan seluruh staf di jajaran Pemko Padangpanjang. Tidak hanya itu, honor guru mengaji dan garin mesjid juga mendapat peningkatan di masa kepemimpinan Hendri Arnis. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*