Panitia Seleksi Pemilihan Anggota Komisi Yudisial Resmi dibentuk

Gedung-KY

Gedung-KY

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Panitia Seleksi Pemilihan Anggota Komisi Yudisial resmi dibentuk. Panitia seleksi itu beranggotakan 7 orang yang diketuai oleh Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Prof Harkristuti Harkrisnowo dengan wakilnya, Prof Yuliandri.

Para anggotanya yakni Mustafa Abdullah, Asep Rahmat Fajar, Maruarar Siahaan, Ahmad Fikri Assegaf dan Topo Santoso.

“Tugas kami itu mulai dari melakukan pendaftaran lalu ada seleksi administrasi, seleksi kualitas dan seleksi integritas. Pada akhirnya kami akan memilih 7 nama calon,” ujar Harkristuti di Kantor Setneg, Jakarta, Senin (6/4).

Dia mengatakan akan menyerahkan 7 nama calon komisioner paling lambat bulan Agustus 2015 kepada presiden. Sebab, komisioner KY yang ada saat ini habis masa tugasnya pada Desember 2015.

Adapun syarat-syarat dan tata cara pendaftaran calon komisioner KY yakni Pertama, pengumuman pendaftaran yaitu pada 8-28 April 2015.

“Sesuai ketentuan itu adalah 15 hari kerja,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, seleksi administrasi pada bulan Mei mulai dari 29 April sampai 21 Mei. “Jadi waktu hampir 1,5 bulan untuk menyampaikan dokumen-dokumen yang diperlukan,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya juga berharap ada masukan dari masyarakat berkaitan dengan seleksi calon komisioner KY ini. “Harapan kami, masyarakat memberikan masukan atau informasi tentang orang tsb, baik informasi yang tidak baik maupun yang baik,” ujarnya.

Harkristuti ingin kerja pansel KY berlangsung baik dalam memilih calon komisioner tersebut. “Supaya kami tidak keseleo dalam memilih orang karena tidak ada informasi karena kan informasi yang dimiliki kami akan, tidak akan sebanyak informasi yang dimiliki masyarakat,” ujarnya.

(eko/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*