Panwascam Patamaun Akan Gelar Sosialiasi Pengawasan Partisipatif

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Patamuan, akan mengelar sosialisasi pengawasan partsipatif pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Tahun 2015.

Advertisements

“Sosialisasi pengawasan partsipatif ini kalau tidak ada aral melintang akan kita gelar Kamis tanggal 3 Desember 2015 di aula Kantor Camat Patamuan. Peserta sosialisasi adalah wali Korong serta tokoh-tokoh masyarakat se kecamatan Patamuan,” kata Ketua Panwascam Patamuan Darwisman didampingi Kepala Sekretariat Syofyan kepada wartawan, Selasa (1/12/2015), di Kantor Sekretariat Panwascam Patamuan, Tandikat.

Menurut Darwisman, kegiatan sosialisasi partisipatif itu dimaksudkan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu kepala daerah. Sehingga jika masyarakat melihat adanya dugaan pelanggaran bisa segera disampaikan kepada Panwaslu.
“Menyangkut dugaan adanya pelanggaran, silakan masyarakat untuk segera melaporkannya ke panwas agarr bisa kami ditindaklajuti. Untuk itu kami sangat mendorong partisipasi adanya masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya pilkada nanti,” tambahnya.

Pelaksanaan pemilihan, 9 Desember 2015 mendatang, Panwascam Patamuan akan menerjunkan 48 orang Pengawas TPS. Setiap TPS akan diawasi 1 (satu) orang pengawas.

“Pengawas TPS ini sudah dilantik dan sudah kita latih untuk melaksanakan tugas-tugasnya dilapangan nantinya. Meskipun kami sudah punya pengawas TPS, agar pelaksanaan pemilu bisa berlangsung jujur dan adil partisipasi masyarakat untuk mengawasi jalannya pemilu sangatlah diharapkan. Karena keterbatasan kamilah maka sangat perlu adanya dukungan masyarakat untuk sama-sama ikut mengawasi jalannya Pilkada serentak ini,” terangnya. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*