Panwaslu Laporan Pelanggaran Pilkada ke PWI

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.COM- Panwaslu KabupatenPadangpariaman sampaikan pelanggaran tahapan pilkada di Padangpariaman, Rabu 18/11/2015 di Balai Wartawan Pariaman.

Advertisements

“Pelanggaran tahapan pilkada di Padangpariaman yang ditemui oleh Panwaslu yaitu laporan rekrutmen PPK, pengaduan balon bupati yang gagal,” Hal ini disampaikan Ketua Panwaslu Padangpariaman, Syaiful Al-Islami didampingi anggotanya disaat menjalin silaturahmi dengan PWI Pariaman di Balai Wartawan.

Kehadiran Panwaslu di PWI Pariaman, selain menjalin hubungan silaturahmi juga memaparkan kegiatan Panwaslu yang telah dilakukan selama tahapan pilkada berlangsung di Padangpariaman. Mereka terdiri dari Ketua Syaiful Al-Islami, dua anggota Netti Nerawati dan Betri Murdiana SPd serta Sekretaris Riky Falantino.

Ketua Pwnwaslu, Syaiful, juga mengapresiasi peran pers dalam menyukseskan pilkada. Dalam hal ini, lanjut dia, berupa peran pengawasan tahapan pilkada di Padangpariaman.

Pertemuan berjalan alot ini saling lempar pertanyaan antara Pewarta dengan Panwaslu. Berbicara secara bergantian dengan Netti dan Betri, mereka memaparkan kegiatan panwaslu sejak tahapan pilkada dimulai, Mei lalu.

Di antaranya memproses empat pengaduan atas adanya pelanggaran dalam tahapan pilkada. Yakni laporan tentang rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh KPUD, laporan Yobana Samial, laporan Damsuar dan laporan Alfadilla Hasan. Selain itu, pihaknya juga ikut aktif mengawasi surat suara sejak dari percetakan hingga distribusi ke TPS serta melakukan penertiban alat peraga kampanye.

“Kami pun sudah selesai melakukan perekrutan 60 Pengawas Pilkada Lapangan untuk 60 nagari serta 933 Pengawas TPS,” kata Syaiful.

Menjawab pertanyaan Wartawan, Sekretaris Panwaslu Riky Falantino menjelaskan, untuk membiayai kegiatan panwaslu pihaknya memperoleh dana hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp4.317.070.000, sebanyak Rp2,7 miliar di antaranya untuk membayar honor Panitia Pengawas Kecamatan, PPL dan Pengawas TPS.

Ketua PWI Pariaman, Ikhlas Bakri menyatakan sangat menyambut baik kedatangan KPUD dan Panwaslu.  Dengan adanya pertemuan ini akan terjalin hubungan silaturahmi KPUD Kota Pariaman dan Panwaslu Kabupaten Padang Pariaman dengan wartawan yang bertugas di Pariaman.

“Terjalinnya silaturahmi wartawan dengan KPUD dan Panwaslu ini akan terbentuk semacam mutualisma simbosis, saling saling menguntungkan,”ungkap Ikhlas.

Dengan terjalinnya silaturahmi ini, tambah Ikhlas, apapun bentuk kegiatan Panwaslu Padangpariaman dapat terpublikasikan.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*