PANWASLU LAPORKAN STAF AHLI PEMKO PADANG KE KOMISI ASN

Padang-today.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwawslu) Kota Padang, melaporkan Dian Fikri Staf Ahli Setdako Padang ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), diduga bersikap tidak netral dengan mendukung salah satu calon walikota.

Advertisements

“Pihaknya sudah memeriksa Dian Fikri tersebut dan hasilnya dilaporkan ke Komisi ASN,”kata Divisi Hukum Panwaslu Kota Padang, Yunasti helmy di Padang.

Ia menjelaskan, secara berjenjang sudah kami rekomendasikan ke Bawaslu untuk diteruskan ke KASN, yang nantinya akan memutuskan dan menilai pelanggaran empat ASN tersebut.

Selain itu, rekomendasi yang sama juga diteruskan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,”ungkapnya.

Staf Ahli Pemkot Padang tersebut ketika diminta klafikasi mengakui mengunggah foto bersama dengan Mahyeldi Ansyarullah calon walikota Padang ke facebook. “Saat ini Dian Fikri menghadiri acara pembukaan kegiatan Bunkasai di Universitas Bung Hatta juga dihadiri Mahyledi,”jelas yunasti Helmi.

Ia menyatakan, berdasarkan hasil temukan, klarifikasi dan bukti-bukti diperoleh, tambah Syaiful Hadi, maka Panwaslu Kota Padangpanjang menyimpulkan ASN inisial “APB” diduga telah melanggar ketentuan netralitas AS sebagaiman diatur dalam UU ASN No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

ASN harus bekerja secara profesional dan tidak berpihak sebagaiman diatur dalam Surat Menteri Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No B7/M.SM.00.00/2017 huruf C angka 1 poin d,”katanya.

Ia menjelaskan, sebagaiman diketahui ASN propesi yang harus dimormati dan salah satu penyelenggara manajemen berazskan netralitas (tidak berpihak pada salah satu pihak atau golongan) ASN bebas dari intervensi politik,”katanya.

“Seluruh ASN tanpa kecuali seharusnya mematuhi aturan, karena sejak mengembang profesi sebagai ASN yang setiap pegawai terikat dengan aturan yang mengatur etika dan prilaku yang harus dijaga dan dipatuhi/ditaati dalam pergaulan hidup sehari-hari,”ungkapnya.

Yunasti helmy meminta pada Walikota Padang melakukan pengawasan dan menghimbau segenap ASN tetap menjaga netralitas dalam berbagai kegiatan/aktivitas politik atau mengarahkan pada keberpihakan atau konfilik (benturan) kepentingan dalam melaksanakan tugas dalam pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*