Panwaslu Padangpanjang Temukan Pelanggaran Pilkada

Padangpanjang, Padangtoday—Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Padangpanjang menemukan sejumlah pelanggaran pilkada yang dilakukan oleh tim sukses dari masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Advertisements

Menurut keterangan Ketua Panwaslu Padangpanjang Edi Antes, mengatakan pihaknya telah memberikan surat rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait pelanggaran tersebut.

Rekomendasi itu dikatakannya, merupakan dasar bagi KPU Padangpanjang untuk menindaklanjuti pelangaran yang dilakukan tim sukses pasangan calon gubernur itu.

“KPU akan menindaklanjuti rekomendasi yang kami berikan terhadap sejumlah pelanggaran yang dilakukan pasangan calon sesuai dengan aturan yang ada,” ujar Ediantes melalui selulernya (16/10) siang.

Pelanggaran yang dilakukan oleh tim sukses itu sebutnya, berupa pemasangan alat peraga kampanye (APK). Padahal sesuai dengan aturan yang ada, hanya KPU yang boleh memasang APK tersebut.

“Tidak itu saja lokasi pemasangan APK juga sudah ditetapkan oleh KPU dan pemerintah daerah,” katanya.

Ketua KPU Kota Padangpanjang Jafri Edi Putra membenarkan adanya rekomendasi pelanggaran tahapan Pilgub yang diberikan Panwaslu setempat.

“Kami sudah menerima surat rekomendasi itu dengan menindaklanjuti pemberian surat kepada tim sukses yang melakukan pelanggaran itu supaya bisa ditertibkan secepatnya,” katanya.

Ia menyebutkan, rekomendasi pelanggaran dari Panwaslu itu ada pada lima titik, empat titik dilakukan oleh pasangan calon nomor urut 2 yakninya Irwan Prayitno dan Nasrul Abit dan satu titik oleh pasangan calon nomor urut 1 yakninya Muslim Kasim dan Fauzi Bahar. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*