Para Pendaki Tahun Baru 2015 Dilarang Mendekati Radius 3 km Puncak Gunung Merapi

Enam pendaki gunung merapi Tanah Datar asal bukittinggi yang tersesat 26/12

Enam pendaki gunung merapi Tanah Datar asal bukittinggi yang tersesat 26/12

Advertisements

Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Sudah menjadi tradisi menghadapi peringatan tahun baru bagi sebahagian orang atau organisasi Pecinta Alam yang ingin melakukan aktifitas peringatan tahun baru mereka di atas puncak Gunung Marapi yang lewat melalui Posko MAC Pesanggrahan Kecamatan X Koto Tanah Datar setiap tahunnya pada tanggal 31 Desember selalu terjadi ledakan jumlah partisipan Pencinta Alam ini.

Rabu (31/12) di hubungi Padangtoday.com Kepala BPBD Abrar memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat dan para pecinta alam yang ingin melakukan aktifitas pendakian pada akhir tahun 2014 ini untuk melakukan segala kegiatan di atas gunung marapi tidak melewati radius 3 kilometer dari atas puncak gunung merapi. Karena sesuai peringatan yang di keluarkan BMKG tentang keadaan gunung merapi saat ini masih dalam kondisi waspada/berada pada level 2, yaitu larangan untuk melakukan aktifitas pada radius 3 kilometer dari puncak gunung.

“Gempa kecil yang yang berasal dari patahan semangka yang sampai saat ini masih sering terjadi juga harus diwaspadai oleh para pendaki yg akan naik, “ujar Abrar.

Sementara itu, berkaitan dengan kejadian (26/12) kemaren di mana Enam pendaki asal Tigo Baleh Bukittinggi yang sempat mencari jalan turun ,namun mereka tersesat dan berhasil berhasil dievakuasi oleh tim SAR Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Tanah Datar BPBD juga menghimbau agar para pendaki melaporkan jumlah, nama dan contac person para pendaki yang ingin menikmati aktifitas tahun baru mereka di tahun ini kepada pemuda atau team BPBD yang stand by di posko tower Kotobaru, hal ini bertujuan agar jika terjadi sesuatu hal di luar keinginan para pendaki dapat cepat dilakukan antisipasi bantuan kepada mereka.

“Saya menghimbau jika ada warga yang ingin melakukan pendakian haruslah menaati pesan dari posko demi keselamatan kita semua dan jangan lupa alat perlengkapan mendaki eperti tenda dan tali serta obat-obatan lainnya,”tambah Abrar.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*