Pariaman Terendam

Wawako H -Genius-Umar bersama Anggota Komisi V DPR RI Ade Rezky Pratama ketika berada di dapur umum.

Wawako H -Genius-Umar bersama Anggota Komisi V DPR RI Ade Rezky Pratama ketika berada di dapur umum.

Advertisements

Pariaman, Sumbar – Tingginya curah hujan disertai badai sejak pukul 21.00 WIB menyebabkan banjir dan merendam ratusan rumah warga di Kota Pariaman, Sumatera Barat, Selasa,22-03-2016.

Yusnimar (46) salah seorang warga Desa Taratak, Kecamatan Pariaman Tengah, di Pariaman, menyebutkan air mulai naik ke rumah warga sekitar pukul 02.00 dini hari tadi.”Kami bersama kepala keluarga yang lainya harus mengungsi ke jalan Chairil Anwar karena banjir merendam seluruh rumah yang ada di sini,” kata dia.

Ia meneruskan, banjir kali ini merupakan yang paling parah sejak tiga tahun terakhir. Sebelumnya bajir besar juga pernah melanda daerah itu pada 2013 silam namun tidak separah saat ini.Sebagian warga setempat lebih memilih untuk tetap tinggal di rumah masing-masing untuk menyelamatkan. Dan menjaga harta benda mereka.

“Jumlah Kepala Keluarga di sini mungkin mencapai 200 namun sebagian ada juga yang memilih tinggal di rumah menunggu untuk di evakuasi,” ujarnya.

Lokasi pemukiman warga yang hanya berjarak 10 meter dari sungai Batang Taratak menyebabkan luapan air begitu cepat merendam rumah warga sekitar. Evi (35) warga lainya mengaku hujan lebat disertai badai telah melumpuhkan aktivitas seluruh warga di daerah tersebut.”Kami tidak bisa berbuat banyak akibat banjir ini, sebagian barang-barang pribadi bisa diselamatkan namun pada umumnya direndam bajir,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat malam tadi sekitar pukul 03.00 WIB dini hari telah melakukan survei ke lapangan namun hingga pukul 07.00 WIB belum ada mengevakuasi korban banjir di desa tersebut.

Akibat banjir tersebut sebagian anak sekolah di daerah itu terpaksa tidak bisa masuk kelas karena lokasi sekolah direndam banjir. Pantauan di lapangan sejumlah banjir merendam rumah warga di beberapa titik
seperti di Kelurahan Jawi-Jawi satu, Desa Kampuang Baru Kecamatan Pariaman Tengah, Kelurahan Ujuang Batuang, Kecamatan Pariaman Tengah, Desa Taratak Kecamatan Pariaman Tengah, dan di sejumlah daerah lainya di Kota Pariaman. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*