Pariaman Terima Anugerah E-KKP3K

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM-Kota Pariaman menerima 2 penghargaan sekaligus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang memberikan penghargaan kepada para kepala daerah pengelola kawasan konservasi atas kerja kerasnya dalam mendukung dan mengembangkan kawasan konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil dalam acara bertajuk Anugerah E-KKP3K dengan tema Menuju Tata Kelola Kawasan Konservasi yang Efektif dan Menyejahterakan, yang diterima Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam acara penganugerahan E-KKP3K yang dilaksanakan di Hotel Doubletree by Hilton, Cikini Jakarta, dan Penghargaan tertinggi yang diterima daerah di bidang Kelautan, yaitu Penghargaan Adibakti Mina Bahari yang diberikan oleh Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Sjarief Widjaya yang yang dilaksanakan di Balroom Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Jakarta, Jum’at (11/12).

Advertisements

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan dengan adanya 2 penghargaan bergensi ini, menjadi komitmen dari semua stakeholder pemerintah dan masyarakat Kota Pariaman dalam mewujudkan bahari sebagai poros maritim dunia yang digaungkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Diharapkan kedepan prestasi ini dapat terus dipertahankan dan semakin ditingkatkan, sehingga Kota Pariaman akan menjadi perhatian khusus dari pemerintah pusat, demi kemajuan dan keberlanjutan tata kelola bahari dan konservasi yang ada di Kota Pariaman, ujarnya.

“Penghargaan ini merupakan bukti dari keseriusan pemerintah daerah dalam melindungi kebaharian dan mengembangkan kawasan konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil yang ada di Kota Pariaman. Kepada semua masyarakat dan stakeholder terkait, kami mengucapkan apresiasi atas apa yang telah dilakukan dan diperbuat untuk pelestarian lingkungan bahari kita, baik pantai, pulau, konservasi penyu yang telah kita kelola, dan menjaga seluruh isi laut yang ada, baik menjaga dan menanam terumbu karang dan pelestarian ikan-ikan yang ada, sehingga keberlanjutan ekosistem ini akan selalu terjaga”, tukas Mukhlis Rahman.

Pada penganugerahan E-KKP3K, Bupati Raja Ampat menerima penghargaan Anugerah E-KKP3K untuk Kategori Favorit, sedangkan Kategori Khusus diraih oleh Bupati Sabang, Bupati Klungkung dan Walikota Pariaman. Sementara itu, 5 kepala daerah lain yakni Bupati Alor, Bupati Batang, Bupati Sukabumi, Bupati Berau dan Bupati Bintan menerima penghargaan Kategori Percontohan. 17 Kepala daerah lainnya memperoleh penghargaan Kategori Percepatan yakni Gubernur Sulawesi Tenggara, Bupati Simeuleu, Walikota Bontang, Bupati Sumbawa, Bupati Aceh jaya, Walikota Bitung, Bupati Sikka, Bupati Lombok Timur, Bupati Pesisir Selatan, Bupati Maluku Tenggara, Bupati Bantul, Bupati Flores Timur, Bupati Mentawai, Bupati Buleleng, Bupati Seram Bagian Timur, Bupati Sumbawa Barat dan Bupati Pangandaran.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan Anugerah E-KKP3K merupakan agenda dwi-tahunan yang dilaksanakan pertama kali pada tahun 2013 sebagai bentuk apresiasi dari Menteri Kelautan dan Perikanan kepada para pihak, terutama para kepala daerah yang berprestasi mengembangkan kawasan konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil merujuk kepada Pedoman Teknis E-KKP3K yang sebelumnya telah ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil pada Tahun 2012. Kemudian ditindaklanjuti, tim evaluasi efektivitas pengelolaan kawasan konservasi telah turun ke kawasan-kawasan konservasi dalam rangka mendapatkan informasi terkini tentang status pengelolaan efektif kawasan-kawasan tersebut. Evaluasi efektifitas pengelolaan telah dilakukan terhadap aspek-aspek antara lain aspek rencana pengelolaan dan zonasi, aspek kelembagaan, aspek pendanaan, pelibatan masyarakat, kemitraan dan lain sebagainya.

Tujuan dari pemberian penghargaan ini untuk meningkatkan motivasi, prakarsa dan peran serta aktif serta kepedulian para pemangku kepentingan dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan agar kesejahteraan masyarakat meningkat dengan tetap memperhatikan kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan. Seperti diketahui, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya laut dan perikanan yang begitu melimpah. Agar kekayaan tersebut mampu memberikan kontribusi besar bagi perekonomian bangsa, maka harus diolah dengan baik dan maksimal sehingga tercipta nilai tambah yang tinggi, ucapnya.

“3 pemenang kategori khusus E-KKP3K juga mendapatkan penghargaan Adibakti Mina Bahari. Bentuk apresiasi penghargaan E-KKP3K antara lain Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Prioritas akses dana pembinaan, Prioritas penguatan kelembagaan pengelola kawasan, serta Prioritas pendampingan pengelolaan kawasan konservasi melalui multi-mekanisme”, jelasnya.

Sebelum penganugerahan E-KKP3K dan penghargaan Adibakti Mina Bahari, para pemenang diundang khusus oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di komplek istana negara. Acara ini dihadiri pemerhati lingkungan, Kementerian Kemaritiman, Komandan Korps Marinir TNI AL Mayor Jendral Buyung Lalana, Sekjen KKP RI Sjarief Widjaya, Deputy dan Asdep di lngkungan KKP RI, Kepala Daerah dan insan perorangan serta kelompok penerima penghargaan yang datang dari seluruh indonesia. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*