Pariaman Terus Kembangan Sektor Pertanian

Kota Pariaman,Padangtoday.com-Kota Pariaman, Sumbar dengan luas wilayah 73,36 km2 dengan jumlah penduduk 92.636 jiwa ini merupakan kota yang kecil, namun 65 persen penduduknya bergerak disektor pertanian. Hal ini disampaikan Waliota Pariaman Mukhlis Rahma ketika membuka pembangunan gudang benih, lantai jemur da pencanangan tanam benih padi, Selasa 15/09/2015 di Desa Cubadak Aia Utara, Pariaman Utara.

Advertisements

Dijelaskan, Sebagai Negara agraris, pertanian merupakan sektor utama dalam peningkatan kesejahteraan mengingat fungsi dan perannya dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yaitu penyediaan pangan bagi penduduk, pakan dan energi, serta tempat bergantungnya mata pencarian penduduk di pedesaan.

Katanya, sektor pertanian ini mempunyai sumbangan yang signifikan dalam pembetukan Produk Dosmestik Bruto (PDRB), dan peningkatan kesejahteraan petani. sehingga pembangunan pertanian dapat dikatakan sebagai motor penggerak dan penyangga perekonomian nasional. bahkan, Sektor ini memiliki nilai tambah tertinggi.

Lebih jauh dijelaskan, Kota Pariaman tahun 2014 tercatat memilki lahan sawah seluas2.523 ha, dengan produksi sudah mencapai32.000 ton, dengan rata-rata produksi 5,94 ton per ha, terangnya.

Selain itu, untuk memacu peningkatan produksi dan peningkatan Indeks Pertanaman “IP”, selain penerapan inovasi teknologi, perlu membangun jaringan irigasi, disampaing merehablitasi jaringan irigasi yang ada, semuanya ini perlu anggaran, terutama yang bersumber dari APBN, sehingga program Pegembangan Seribu Desa Mandiri Benih di Kota Pariaman dapat berjalan sesuai dengan apa yangh diharapkan,paparnya.

Ia menambahkan, dalam rangka upaya khusus peningkata produksi padi, masyarakat Kota Pariaman dihadapi oleh beberapa masalah da tantangan. Diantaranya masalah ketersedia benih unggul da bersertifikat.

Kemudian petai Kota Pariaman dihadapi persoalan, harga, dan sulitnya mendpatkan benih berlabel pada saat musim tanam.

Dengan pertemuan masyarakat Kota Pariaman dengan Kementrian Pertanian RI ini dapat memotifasi masyarakat untuk peningkatan produksi padi guna mendukung Swasembada Pangan yang telah dicanangkan olehPresiden RI. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*