Pasar Koto Mambang Kenagarian Sungai Durian Kecamatan Patamuan Kembali Diaktifkan

PATAMUAN, PADANGTODAY.com-PEMBANGUNAN los lambuang di Pasar Koto Mambang Kenagarian Sungai Durian Kecamatan Patamuan, diharapkan akan menghidupkan kembali pasar yang telah mati suri semenjak beberapa puluh tahun lalu.

Advertisements

“Atas kesepakatan ninik mamak dengan, Badan Musyarawah Nagari (Bamus) serta Walinagari Sungai Durian dengan memanfaatkan dana awal 60 juta los lambuang di bangun, “ kata Walinagari Sungai Durian Nusirwan Nazar, Sabtu (4/04/2015)..

Menurut Walinagari, dari tahun 60-an sampai tahun 70-an, Koto Mambang merupakan pasar tempat transaksi jual-beli hasil bumi seperti kelapa, kulit manis/casiavera serta beras. Disamping dipasarkan produk-produk pertanian di Pasar ini juga dijual aneka kebutuhan harian masyarakat. Pasar diramaikan setiap hari Jumat, sehingga banyak pedagang dari darek berjualan, di pasar Koto Mambang.

Dijelaskan Nusirwan, seiiring berkembangnya zaman dan waktu terus berputar, meski Pasar ini masih beraktivitas, namun tidak lagi memiliki hari pakan. Pasar Koto Mambang ini mulai sepi pengunjung sekitar tahun 1976, karena pasar sepi pedagang dari luar juga enggan berjualan di pasar ini. “ Maka untuk membangkitkan kembali kejayaan Pasar Koto Mambang, maka atas kesepakatan ninik mamak, dibangulah kembali los-los pasar Koto Mambang ini,” jelas Nusirwan Nazar.

Meskipun Pasar Koto Mambang tidak lagi memiliki hari pakan, akan tetapi masyarakat tetap berdagang hingga sampai saat ini, namun transaksi jual beli tidaklah sebanyak pada pasar-pasar yang memiliki hari pakan seperti Pasar Sungai Sarik, Pasar Tandikek dan Pasar Sicincin. “Kalau dibandingkan dengan pasar-pasar lain jual beli kita tidak sebanyak pasar yang memiliki hari pakan,” kata Syafran, salah seorang pedagang P & D di Pasar Koto Mambang.

Syafran berharap, pembangunan kembali los lambuang sebagai sentra jajanan kuliner, diharapkan akan membangkitkan kembali kejayaan Pasar Koto Mambang yang pernah berjaya diera tahun 60-an s/d 70-an. “ Saya optimis Pasar Koto Mambang yang letaknya sangat strategis akan kembali diramaikan masyarakat,” tambahnya. (wis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*