Pasar Padang Panjang Dibangun April

Padang Panjang, padangtoday – Walikota Padang Panjang Hendri Arnis menegaskan pembangunan pasar tradisional setempat akan dimulai April 2016 setelah beberapa tahapan yang dilalui selesai. “Kami akan mulai melaksanakan pembangunan pasar Padang Panjang sekitar April,” kata dia di Padang Panjang, Selasa.

Pembangunan pasar itu akan dilaksanakan setelah melalui beberapa persyaratan sebagaimana layaknya sebuah pasar, sehingga tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Pembangunan pasar yang akan menelan dana sebesar Rp120 miliar itu dilakukan secara bertahap dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Untuk tahap awal kami akan menggunakan dana APBD sebesar Rp70 miliar, selanjutnya dialokasikan pada tahun berikutnya,” katanya.

Ia menyebutkan, untuk saat ini Pemkot Padang Panjang sedang mengurus izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) pasar tersebut.

“Diperkirakan izin itu akan keluar pada Februari 2016 kemudian baru dilakukan tahapan berikutnya,” ujarnya.

Tidak hanya tahapan izin amdal, Pemkot Padang Panjang juga akan mengadakan rapat dengan para pedagang bagaimana teknis pelaksanaan pemindahan pedagang ke kios penampungan yang sudah dibangun.

“Perundingan dengan pihak pedagang mengenai pemindahan ke kios penampungan sangat penting,” sebutnya.

Setelah pasar tradisional Padang Panjang dikosongkan dari para pedagang, barulah dilaksanakan pembangunannya secara bertahap oleh rekanan.

“Maket pasar yang akan dibangun itu sudah ada, setelah itu baru dilaksanakan tender oleh unit layanan pengadaan (ULP),” katanya.

Salah seorang pedagang di Pasar Padang Panjang Feri berharap pelaksanaan pembangunan pasar itu bisa segera terealisasi, karena para pedagang dan pembeli bisa nyaman berbelanja.

“Mudah-mudahan pembangunan pasar ini tidak ada kendala, sehingga pedagang dan pembelipun bisa nyaman bertransaksi,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*