PASCAPUTUSAN MK,NASDEM SUMBAR SIAP

Padang-today.com – DPW Partai NasDem Sumbar siap untuk menghadapi verifikasi faktual pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017 terkait verifikasi Partai Politik (Parpol).

Advertisements

“NasDem sudah mempersipakan diri sejak awal menghadapi verifikasi faktual dilakukan KPU,”kata Ketua DPW NasDem Sumbar,Muhammad Malkan Amin di Padang.

Ia menjelaskan,Partai NasDem tidak pusing dalam menghadapi verifikasi faktual dilakukan KPU.

“NasDem bakal diverifikasi KPU pada Senen (29/1),silahkan saja KPU melakukan verifikasi,”ungkapnya.

Kenapa harus panik diverifikasi KPU. “Bagi NasDem, putusan Mahkamah Konstitusi adalah sudah menjadi hukum yang harus kita jalankan,”imbuh Malkan Amin.

Ia menyatakan,keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal verifikasi selayaknya harus dilaksanakan oleh KPU RI dan seluruh parpol peserta Pemilu 2019.

“Putusan MK yang mengharuskan dilakukannya verifikasi terhadap semua parpol untuk dapat mengikuti Pemilu 2014 adalah sesuatu yang sesuai dengan desain penyederhanaan bagi penguatan sistem kepartaian di Indonesia,”katanya.

Melakukan verifikasi itu berat karena butuh waktu lama dan tenaga luar biasa. “Jadi kalau dilakukan dalam waktu singkat, saya juga khawatir dengan kualitas verifikasi,”ungkapnya.

Malkan berharap KPU dalam melakukan verifikasi faktual dilakukan secara proposional dan propesional.

Sebelumnya, diketahui MK mengabulkan uji materi Pasal 173 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Konsekuensi putusan MK tersebut semua partai politik, termasuk 12 parpol peserta Pemilu 2014, harus mengikuti verifikasi faktual oleh KPU.

Demikian bunyi putusan MK saat sidang uji materiil Pasal 8 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD, di Gedung MK, Jakarta, Rabu, 29 Agustus 2012. Dasar pertimbangannya adalah asas keadilan dan rasionalitas persamaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*