PASO Berharap Pertandingan Ceki Diperhatikan KONI

Advertisements

    Padang-today.com – Hendrizal Ketua Persatuan Olahraga Asah Otak (PASO) Kota Padang berharap pertandingan ceki ini bisa di perhatikan KONI untuk bisa ikut dalam arena Pekan Olahraga Daerah (Porda).

“Permainan ceki sudah termasuk olahraga asah otak sama hal dengan catur, makanya kami dari organisasi berharap KONI memperhatikan olahraga ceki satu ini disamping catur sama-sama asah otak,”kata Hendrizal.

Ia menjelaskan, Turnamen Ceki  sebagai ajang olah raga rekreasi. Hal ini juga tak terlepas dari pelaksanaan berbagai turnamen olah raga rekreasi.
“Rekreasi memberikan wadah bagi masyarakat dengan pelaksanaan turnamen kali ini,” ujarnya.

Turnamen Ceki lanjutnya Cok Rat, berekreasi sambil melakukan pelestarian budaya Sumbar. “Adanya turnamen ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan hobi bermain ceki tanpa harus berjudi,”jelas Hendrizal.


Sementara itu Dewan Pembina PASO Padang, Yusman Kasim menyatakan pertandingan Ceki ini adalah untuk menyalurkan bakat dan minat para penghobi ceki tanpa harus memasang taruhan dan mereka tak perlu khawatir akan digerebek aparat kepolisian.

   Selain itu, ide kreatif Turnamen Ceki ini juga untuk menjaga tradisi tanpa melanggar aturan hukum yang berlaku di masyarakat.

“Antusias penggemar ceki ini sangat banyak sebagai bagian dari olahraga seni dan rekreasi,” ujar Yusman Kasim.

   Yusman Kasim menjelaskan, peminat pertandingan ceki cukup banyak dimana sekarang ini peserta berjumlah 512 pasang pemain ceki.

“Sedangkan sebelumnya peserta ikut sekitar 256 pasang pemain ceki,”katanya.

   Yusman berharap Ceki bisa masuk untuk dipertandingan Porda maupun Propov.

   “Minimal pertandingan eksebisi ceki di Porda, maupun porpov,”imbuhnya.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*