Pastikan Pemilu Aman, Kesbangpol Gelar Rakor

Padangpanjang—Mnyongsong penyelenggaraan Pemilu Serentak, BPBD Kesbangpol Kota  Padangpanjang gelar rapat koordinasi penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019 di Aula Lantai III Balaikota, Selasa (9/4).

Wakil Wali Kota Padangpanjang, Drs Asrul mengharapkan penyelenggaraan Pemilu pada 17 April mendatang itu dapat berjalan aman, damai, tentram dan tertib. Selain mengimbau masyarakat untuk tidak terpancing isu hoax, seluruh komponen penyelanggara dan pengawas Pemilu diyakini dapat menjalankan fungsi masing-masing dengan lebih maksimal.

Pada kesempatan itu juga disampaikan Wawako Asrul, partisipasi dan keikutsertaan masyarakat dalam pemilu dari priode ke priode selalu mengalami penurunan secara kualitas dan kuantitas. Mengingat hal itu, masyarakat diajak untuk dapat memahami bahwa Pemilu merupakan wujud tertinggi dari kedaulatan dalam suatu sistem negara demokrasi. Memilih tersebut bukan dinilai sebagai kewajiban, namun merupakan hak setiap individu.

“Kita berharap pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahunan ini bisa berjalan dengan aman, damai, tentram dan tertib. Di samping itu, tingkat partisipasi masyarakat dapat meningkat hendaknya. Melalui pertemuan ini diharapkan dapat memunculkan formulasi yang tepat guna menciptakan Pemilu yang berkualitas dengan ditandai semakin tingginya partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya,” harap Asrul.

Sementara Kepala BPBD Kesbangpol Kota Padangpanjang Drs. Erizal, M. Si menyampaikan pihaknya telah melakukan kegiatan seperti sosialisasi, pendidikan politik bagi pemilih pemula yang pesertanya di ambil dari perwakilan SLTA dan mahasiswa se-Kota Padangpanjang.

“Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas partisipasi pemilih pada helat demokrasi, kami juga sudah melakukan sosialisasi kepada setiap kalangan masyarakat,” ucap Erizal.

Pada kesempatan yang sama, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang  yang di wakili oleh Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Winda Aprizona, S.Pd memaparkan terkait kegiatan tahapan Pemilu serentak kali ini.

“Untuk surat suara masih kekurangan dan belum terpenuhi. Setelah dikonfirmasi, surat suara tambahan sedang diperjalanan menuju Kota Padangpanjang, ” ujar Winda.

Sedangkan Ketua Bawaslu Padangpanjang, Santina juga menyampaikan pihaknya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi selaku pengawas telah melakukan serangkaian kegiatan. Di antaranya dikatakan, telah menyiapkan petugas pengawas yang akan ditempatkan di setiap TPS untuk memantau jalannya proses pemungutan suara hingga penghitungan.

“Bawaslu Kota Padangpanjang telah melantik 177 pengawas sesuai dengan jumlah TPS  yang ada di Kota Padangpanjang. Mereka telah dilantik dan dibekali untuk menjalankan tugas pengawasan di setiap lokasi pemungutan suara. Kami juga tengah melakukan pemetaan TPS rawan untuk memaksimalkan pengawasan,” ungkap Santinya.

Sementara pada rapat yang dibuka langsung Wawako Drs. Asrul tersebut, juga turut hadir unsur Forkopimda, OPD Terkait, Komisioner KPU,  Bawaslu, Ketua KAN serta Camat dan Lurah se-Kota Padangpanjang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas