Pasukan Marinir Hadir di Pariaman

Pasukan Marinir di Pariaman.

Pasukan Marinir di Pariaman.

Advertisements

Pariaman,Padangtoday.com- Untuk mewujudkan konsep bangsa Indonesia yang kembali ke maritim dan bahari tidak terlepas dari lautan dan pulau-pulau, karena Indonesia sebagian besar adalah lautan. Salah satunya di Kota Pariaman, saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan wisata bahari. Dengan keindahan pulau pulau yang exotic itu Lantamal II Padang mengadakan penanaman terumbu karang demi menjaga kelestarian laut dan isinya di Bahari Kota Pariaman.

Penanaman terumbu karang tersebut langsung dipimpin oleh Badan Komandan Lantamal II Padang Kolonel Laut PM Widhy Sutedjo di Pulau Kasiak Kota Pariaman, Sumbar, Sabtu (13/6/3015) kemaren.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan penyelamatan terumbu karang di Pulau Kasiak tersebut. Ia juga turut bergabung dengan para Marinir Angkatan Laut memasang transplantasi terumbu karang di Sustrat-Sustrat (media) yang disiapkan. Sebanyak 25 ribu bibit karang alcropora ditanam di Pulau Kasiak untuk semakin meningkatkan kuantitas terumbu karang yang ada disana.

Menurutnyta, hadirnya Marinir Lantamal II Padang di Kota Pariaman, diharapkan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, baik habitat terumbu karang, kebersihan pantai dan pulau serta penghijauan. Dijelaskan, Pemko Pariaman menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dapat menjaga terumbu karang yang ditanam saat ini, sehingga dapat meningkatkan habitat laut yang tinggal nantinya, papar Mukhlis.

Sementara, Badan Lantamal II Padang Kolonel Laut PM Widhy Sutedjo mengatakan Selain mengadakan transplantasi terumbu karang, Marinir juga menggelar bersih pulau, dan penghijauan di Pulau Kasiak. Rombongan Marinir yang ikut serta dalam penanaman terumbu karang di Pulau Kasiak, Komandan Batalyon ranranfib  Letkol Marinir Rizal, Komandan Batalyon Marinir Lantamal II Padang Letkol  Marinir Wahyu Herawan, Pasie Ops Yanmarharlan II Mayor Rudi Hartono, Arteleri Pertahanan Udara Kapten Marinir Baidur dan puluhan pasukan Marinir lainya.

Diakhir kegiatan tersebut di lakukan pelepasan puluhan Tukik (Anak Penyu) ke laut  oleh Marinir, Masyarakat serta pengunjung yang datang di Pantai Gandoriah Pariaman. Selain itu,  acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Zalman Zaunit, Inspektorat Kota Pariaman Lukmansyam, Kadis Pertanian Syaiful Rizal, Kabag Humas Hendri, Tim Tabuik Diving Club UPT Penangkaran Penyu DKP Kota Pariaman.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*