Payakumbuh Jadi Juara Tari Sumbar

Tim kesenian SMPN 9 Payakumbuh, dengan trofi di tangan, setelah juara Festival Tari Kreasi, di Padang.

Tim kesenian SMPN 9 Payakumbuh, dengan trofi di tangan, setelah juara Festival Tari Kreasi, di Padang.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Tim kesenian SMPN 9 dan SMPN 4 Payakumbuh mencatat prestasi membanggakan di tingkat Sumatera Barat.  Dalam Festival Tari Kreasi tingkat provinsi, dalam rangkaian HUT ke-50 Kokar (Konser Fatori Kerawitan) atau SMKN 7 Padang, tim kesenian kedua sekolah tersebut tampil sebagai juara pertama dan juara ketiga,  dalam lomba yang digelar di SMKN 7, Rabu (16/9).

Gelar juara pertama diraih   SMPN 9 dengam menampilkan tari Tagarubuak Malintang Sosek, menceritakan legenda di Gunung Sago. Sedangkan, anak-anak SMPN 4 menampilkan tari berjudul Cimuntu. Penampilan murid SMPN 9 cukup memukai penonton, dan sukses mengantongi nilai tertinggi, 525. Sedangkan, pemenang ketiga SMPN 9, puas di urutan ketiga, dengan nilai 490.

Keterangan Kadisparpora Payakumbuh diwakili Kasi Objek dan Daya Tarik Wisata, Nirdawati, yang mendampingi tim kesenian Payakumbuh ini, menginformasikan, Kamis (17/9), Festival Tari Kreasi itu diikuti 29 grup kesenian dari kota/kabupaten di Sumatera Barat. Payakumbuh sendiri, mengirim dua grup, dari SMPN 9 dan SMPN 4.

Sebagai juara, kedua sekolah  berhasil memboyong trofi ke Payakumbuh, yang diterima langsung oleh kedua kepala sekolah. “Kita cukup bangga dan puas, karena dua grup yang dikirim, keduanya langsung jadi pemenang,” sebut Nirdawati.

Menurutnya, prestasi yang diukir SMPN 9 dan SMPN 4, membuktikan, dunia kesenian di Payakumbuh cukup menggeliat. Disparpora Payakumbuh, tambahnya,  sebagai pembina ikut memfasilitasi tim kesenian sekolah dalam mengikuti perlombaan.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*